Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Dr Aqua Dwipayana : Prajurit Kolinlamil dan Istri agar Mencontoh Keteladanan Panglima Sekeluarga

Erwin Kustiman
null
null

JAKARTA, (PR).- Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana mengajak semua prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut dan istrinya yang tergabung dalam organisasi Jalasenastri untuk mencontoh keteladanan komandannya yakni Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto sekeluarga. Hal itu sangat penting dilakukan agar seluruhnya sukses baik dalam karir maupun rumah tangga.

Ajakan itu disampaikan motivator internasional ini saat sharing Komunikasi dan Motivasi di kantor Kolinlamil Jakarta pada Rabu pagi (21/8/2019) kemarin. Hadir sekitar 500 orang prajurit, pegawai Aparatur Sipil Negara, dan para istri prajurit yang tergabung dalam organisasi Jalasenastri. Heru sendiri yang memimpin acara tersebut.

"Sebenarnya pagi ini saya ada acara di luar kantor. Namun kehadiran Pak Aqua ini jauh lebih penting. Apalagi sebelumnya beberapa tahun lalu saat saya mengundang beliau ke Lantamal X Jayapura, Papua, ketika hari pelaksanaan sharing Komunikasi dan Motivasi mendadak saya harus tugas ke Jakarta. Rasanya menyesal sekali saya waktu itu tidak bisa hadir. Jangan sampai hal yang sama terulang untuk yang kedua kalinya," kata Heru sambil melantunkan lagu yang terkait dengan itu.

Mantan ajudan Wakil Presiden Boediono tersebut mengungkapkan bahwa acara sharing Komunikasi dan Motivasi itu sangat penting untuk seluruh prajurit dan anggota Jalasenastri. Untuk itu kepada mereka diminta agar menyimak secara sungguh-sungguh, serius, dan fokus semua yang disampaikan Dr Aqua.

Menurut Heru kedatangan Dr Aqua merupakan hadiah istimewa buat keluarga besar Kolinlamil. Apalagi kehadirannya di tengah-tengah jadwalnya yang sangat padat untuk sharing Komunikasi dan Motivasi di Indonesia maupun di banyak negara.

"Pak Aqua ini setiap hari sibuk sekali. Jadwalnya sangat padat. Beliau berkenan datang ke sini merupakan hadiah istimewa buat kita semua," pungkas Heru yang disambut tepuk Tangan seluruh yang hadir.

Karakter Kuat yang sangat Positif

Dr Aqua menambahkan keteladan Heru lengkap baik di Kolinlamil yang dipimpinnya maupun di keluarga, sehingga sangat layak jadi teladan. Di setiap kesatuan  yang dipimpinnnya, Bapak empat putra ini selalu menunjukkan karakter kuat yang sangat positif.

Terakhir pada Juli 2019 lalu Kolinlamil berhasil menjadi juara pertama Kasal Cup 2019. Itu merupakan sejarah buat Kolinlamil karena selama kompetisi beberapa cabang olahraga itu digelar, baru pertama kali tampil sebagai juara. Apalagi anggotanya relatif sedikit dibandingkan satuan lainnya.

"Prestasi hebat itu diraih karena Panglima Kolinlamil adalah Pak Heru. Beliau yang bertangan dingin selalu sukses memimpin satuan termasuk saat jadi Komandan kapan," ungkap Dr Aqua.

Hal itu bisa terjadi, tambah Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini karena Heru sangat rendah hati dan dekat dengan jajarannya. Memimpinnya menggunakan hati dan menganggap semua bawahan adalah keluarganya. Dengan begitu kepemimpinannya selalu didukung.

Menurut Dr Aqua, mantan Danlantamal X Jayapura itu tidak hanya sukses saat memimpin satuan saja tetapi berhasil sebagai kepala keluarga. Itu dapat dilihat dari empat anak laki-lakinya. Dua jadi prajurit TNI Angkatan Laut termasuk yang masih taruna dan satu lagi taruna tingkat empat di Akademi Kepolisian di Semarang.

"Jadi Pak Heru ini lengkap yakni sukses sebagai Panglima Kolinlamil dan berhasil jadi kepala keluarga. Untuk itu semua keluarga besar Kolinlamil agar menjadikan beliau dan istrinya sebagai role model. Jadi tidak usah jauh-jauh mencarinya di luar sana," tegas Dr Aqua.

Hadiah Umrah dan Uang

Di awal sharing Komunikasi dan Motivasinya sebagai apresiasi kepada Heru, Bapak dua Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu memberikan hadiah umrah kepada salah seorang anggotanya. Dr Aqua menyerahkan sepenuhnya ke Heru untuk menunjuk orangnya. Sebelumnya hadiah yang sama diberikan saat Heru menjabat sebagai Danlantamal X Jayapura.

"Insya Allah anggota yang ditunjuk Pak Heru berangkat tahun 2020 bersama rombongan Jamaah umroh The Power of Silaturahim 4 yang dipimpin Nurcholish MA Basyari. Dananya diambil dari hasil penjualan buku super best seller The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi dan honor sebagai pembicara serta sumbangan teman-teman saya yang menjadi donatur," jelas Dr Aqua.

Pemberian hadiah umrah itu disambut tepuk tangan para peserta. Mereka sama sekali tidak menyangka akan Dr Aqua akan memberikan itu.

Sedangkan ke para peserta yang dipanggil ke depan yang jumlahnya belasan orang, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung itu memberikan hadiah uang yang jumlahnya bervariasi yakni Rp 100 ribu dan Rp 200 ribu per orang. Mereka yang menerima uang gembira sekali.

Topik sharingnya adalah Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Prajurit Kolinlamil untuk Mewujudkan Militansi dan Profesionalisme. Pesertanya antusias sekali. Banyak yang bertanya namun tidak semua bisa diakomodir karena waktunya yang terbatas. Tidak terasa durasi pertemuannya sekitar tiga jam. ***

Bagikan: