Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 22.1 ° C

Di Cilacap, Tanah Retak Mengisap Isi Kolam

Eviyanti
TANAH retak di Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah telah menyedot semua isi kolam milik warga, Minggu, 18 Agustus 2019.*/EVIYANTI/PR
TANAH retak di Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah telah menyedot semua isi kolam milik warga, Minggu, 18 Agustus 2019.*/EVIYANTI/PR

 

CILACAP, (PR).- Peristiwa tanah retak di Desa Majingklak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, ikut menyedot semua isi kolam milik warga. Retakan tanah sepanjang 50 meter dan lebar 10 hingga 20 meter tersebut, mengarah ke pemukiman penduduk di Dusun Seukeut Hilir RT 3 RW 12.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengimbau agar masyarakat setempat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi kejadian tersebut. 

"Retakan tanah diketahui secara tiba-tiba pada Minggu, 18 Agustus 2019. Lokasinya di sekitar tanah tebing jalan penghubung antara Desa Majingklak  dan  Desa Palugon yang memiliki kemiringan 45 persen," kata Kalahar BPBD Cilacap Trikomara Sidhi, Senin, 19 Agustus 2019.  

Tanah retak tersebut kemudian membelah kolam ikan milik warga bernama Karma Karsono dan Eti Rohaeti. Akibatnya, semua yang ada di kolam yaitu air dan ikan, terisap ke dalam tanah. 

Tanah labil

BPBD Cilacap menduga retakan tanah muncul karena tanah labil. Meski demikian, penyebab terjadinya retakan masih akan ditelusuri.

Retakan tanah kini juga mengarah ke wilayan pemukiman warga. Jarak antara ujung retakan dengan pemukiman penduduk hanya berjarak 30 meter.

BPBD menghimbau agar tanah retak tersebut segera di tutup dengan tanah. "Kita juga sudah mengimbau agar semua pemilik kolam dikeringkan, dan jika ada retakannya segera ditutup rapat dengan tanah," ujarnya.***

Bagikan: