Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Langit umumnya cerah, 22.8 ° C

Pascagempa Banten, BMKG Pasang Radar dan Alat Pendeteksi Gempa di Selat Sunda

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI.*/CANVA
ILUSTRASI.*/CANVA

PANDEGLANG, (PR).- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memasang radar di dua titik yang akan dipasang di Selat Sunda. Radar tersebut akan dipasang di wilayah Pandeglang dan Serang.

Selain akan memasang dua radar, BMKG juga akan memasang 70 alat pendeteksi dini gempa di seluruh wilayah Banten.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan menghadapi bencana alam.

"Kita akan pasang radar, nanti kita pasangkan satu di Tanjung Lesung, Pandeglang, dan satu di Kabupaten Serang. Selain itu, kita juga akan berikan sebanyak 70 alat pendeteksi dini gempa, nantinya itu akan disimpan di Kantor BPBD Pandeglang," ucapnya kepada Ade Taufik dari Kabar Banten, Rabu, 14 Agustus 2019.

Menurutnya, dengan adanya radar dan alat pendeteksi dini tersebut, diharapkan masyarakat dapat menghindari bencana alam. Selain itu, masyarakat diimbau untuk terus bersiap siaga.

"Jadi dari alat pendeteksi dini gempa bumi tersebut, akan memberikan jangka waktu kepada masyarakat untuk mengevakuasi diri kalau seandainya sirine sudah dibunyikan, itu jangka waktunya sekitar sepuluh menit untuk menyelematkan diri,"  katanya.

Ia mengatakan, kaitan dengan penyalaan sirine itu diberikan kewenangan kepada pemerintah daerah. Artinya, jika radar mendeteksi ada kenaikan gelombang dan ada gempa, pemkab bisa langsung memberikan imbauan melalui sirine.

"Kalau mekanismenya, nanti kan pemerintah daerah bisa menyalakan sirine. Hal itu tentu akan memberikan informasi, itu didapatkan dari pemberitahuan yang disampaikan radar dan pendeteksi dini gempa," ujarnya.***

Bagikan: