Pikiran Rakyat
USD Jual 14.037,00 Beli 14.135,00 | Umumnya cerah, 24.3 ° C

149 Hektare Hutan Lindung di Gunung Sumbing Habis Terbakar dalam Dua Hari

Eviyanti
UPAYA pemadaman kebakaran Hutan Lindung di Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah./DOK PERHUTANI
UPAYA pemadaman kebakaran Hutan Lindung di Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah./DOK PERHUTANI

MAGELANG, (PR).- Hutan lindung seluas 149,10 hektare di kawasan puncak Gunung Sumbing, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah habis terbakar. Areal vegetasi alang-alang dan hutan itu kini hanya menyisakan areal kosong yang gersang. 

Kebakaran yang berlangsung sejak Selasa, 13 Agustus 2019 sekitar pukul 09.00 itu baru bisa padam pada Rabu, 14 Agustus 2019 sekitar pukul 14.30 WIB. Ratusan orang dari tim gabungan dari  berbagai unsur seperti Perhutani KPH Kedu Utara, Polri, TNI, LMDH, BPBD dan relawan  dikerahkan untuk proses pemadaman. 

Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui. Namun informasinya kebakaran di sekitar kawasan kawah Gunung Sumbing merupakan sisa api kebakaran yang terjadi di wilayah Wonosobo.

"Api berhasil dikuasai Rabu siang, tetapi hutan vegetasi yang berfungsi sebagai pelindung itu sudah habis," kata Asper KPH Kedu Utara Yudi Noviar ketika dihubungi Rabu.

Yudi menambahkan, kebakaran terjadi di lima titik, yang mayoritas berstatus hutan lindung. "Api pertama kali diketahui Selasa saat itu yang terbakar diketahui baru 5 hektare. Api pertama muncul di Desa Kaliangkrik. Namun angin kencang menyebabkan kawasan yang terbakar semakin meluas, pada hari kedua yakni Rabu, total luas yang terbakar mencapai 149,10 hektar," tambahnya.

"Yang terbakar semula hutan rimba campur. Karena ada angin kencang, api terbawa angin ke arah savana yang penuh rumput kering," tambahnya. Meski api telah dijinakkan, pemantauan dan pengamatan secara visual masih tetap dilakukan.***

Bagikan: