Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

Pengibaran Bendera Bawah Laut Dipastikan di Perairan Pulau Sangiang

Tim Pikiran Rakyat
DANLANAL Banten Letkol Pelaut (P) Golkariansyah serta Ketua POSSI Kota Cilegon Irfan Ali Hakim saat memimpin technical meeting pengibaran bendera bawah laut, di Aula Mako Lanal Banten, Pulomerak, Rabu 7 Agustus 2019.*/SIGIT ANGKI NUGRAHA/KABAR BANTEN
DANLANAL Banten Letkol Pelaut (P) Golkariansyah serta Ketua POSSI Kota Cilegon Irfan Ali Hakim saat memimpin technical meeting pengibaran bendera bawah laut, di Aula Mako Lanal Banten, Pulomerak, Rabu 7 Agustus 2019.*/SIGIT ANGKI NUGRAHA/KABAR BANTEN

CILEGON, (PR).- Agenda pengibaran bendera merah putih di bawah laut, telah berubah menjadi event besar. Jika sebelumnya acara ini hanya diikuti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten dan Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), kini agenda perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini akan diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cilegon. 

Rencananya, Wali Kota Cilegon Edi Ariadi akan menghadiri acara tersebut. Begitu pula Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso, Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifuddin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten Zainal Arifin, serta perwakilan dari klub selam sejumlah industri di Kota Cilegon.  

Lantaran itu, Lanal Banten dan POSSI semakin menyeriusi perencanaan acara tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh Danlanal Banten Letkol Pelaut (P) Golkariansyah, saat teknikal meeting pengibaran bendera bawah laut, di Mako Lanal Banten, Rabu 7 Agustus 2019. 

"Alhamdulillah acara ini telah menjadi event besar, karena akan diikuti oleh Pak Wali (Wali Kota Cilegon Edi Ariadi-red), Pak Dirpolairud (Kombes Pol Nunung Syaifuddin-red), juga Pak Dandim (Dandim 0623 Cilegon Letkol Arm Rico Ricardo), juga dari tim divers industri-industri di Cilegon," katanya.

Katanya, melibatkan banyak peserta membuat pihaknya perlu membuat perencanaan lebih detail. Termasuk di antaranya pengaturan peserta acara pengibaran bendera, yang akan digelar di dasar laut perairan Pulau Sangiang, Minggu 17 Agustus 2019 nanti. 

"Karena peserta banyak, segala sisi harus dibahas secara detail. Baik itu sisi kelancaran acara, hingga keselamatannya. Karena ini kan agenda di bawah laut, risikonya juga lebih besar," ujarnya.

Sementara itu, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Banten Letkol Laut (P) Arif Prasetyo I mengatakan, selain agenda pengibaran bendera, juga akan dilakukan penanaman bibit karang di dasar laut. Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan sampah yang berserakan di perairan Pulau Sangiang. "Lokasi pengibaran sudah kami tentukan, begitu juga penamanan bibit karang serta pembersihan sampah bawah laut. Ini semua akan menjadi rangkaian acara pada hari proklamasi nanti," tuturnya kepada wartawan Kabar Banten, Sigit Angki Nugraha.

Pada bagian lain, Ketua POSSI Kota Cilegon Irfan Ali Hakim mengaku bersyukur atas tingginya animo dari Forkopimda atas digelarnya acara tersebut. "Saya sangat bersyukur acara ini mendapat perhatian dari banyak pihak. Tentunya kami akan berupaya agar acara ini berjalan lancar dan aman," ungkapnya.***

Bagikan: