Pikiran Rakyat
USD Jual 14.034,00 Beli 14.132,00 | Berawan, 21.2 ° C

Diklaim Sudah Normal, Pemadaman Masih Berlangsung

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI pemadaman listrik.*/ANTARA
ILUSTRASI pemadaman listrik.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengklaim jika pemadaman serentak sudah berakhir dan aliran listrik di Banten kembali normal. Namun,  pemadaman masih berlangsung di Kota Serang pada Selasa 6 Agustus 2019 sekitar pukul 23.00 malam. 

Salah satunya seperti di komplek perumaham Taman Mutiara Indah II, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Serang yang sempat merasakan pemadaman yang berlangsung sekitar satu jam. 

Salah satu warga Aan Nurhasanah mengeluhkan pemadaman itu, karena dari informasi yang diterimanya pihak PLN sudah berhasil memperbaiki aliran listrik menjadi normal kembali. "Katanya sudah normal, tapi ko mati lagi," kata dia. 

Menanggapi hal itu, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Eman mengatakan, pemadaman itu kemungkinan disebabkan oleh gangguan setempat. Artinya, kata dia, sebetulnya suplai setrum sudah ada tetapi biasanya ada gangguan di sambungan. 

"Sebenarnya setrumnya secara suplai sudah ada di sana, di tiang setrumnya," kata Eman saat dihubungi wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho,m Rabu 7 Agustus 2019.

Biasanya, lanjut dia, gangguan itu disebabkan beberapa hal seperti sekring di gardu PLN atau pun kabel lost contact. Menurutnya, kejadian yang sering dialami yaitu pembatas di gardu kena shock akibat padam listrik kemudian menerima suplai listrik secara tiba-tiba. "Kan di gardu ada pembatas, kalau di rumah ada NCB. Nah, biasanya pembatas itu kena shock karena dari padam dimasukan tegangan, dia jadi nge-lost," tuturnya. 

Namun, kata dia, pemadaman setempat seperti itu biasanya tidak akan berlangsung lama seperti kejadian pemadaman serentak sebelumnya. "Kita kan ada Dara Control Center (DCC) dan sudah nyala semua. Jadi itu setempat saja," ujarnya.***

Bagikan: