Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Sedikit awan, 19.4 ° C

Berbekal Nonton YouTube, Ketua RT Taklukkan Ular Sanca

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi ular sanca./DOK. PR
FOTO ilustrasi ular sanca./DOK. PR

SERANG, (PR).- Seekor ular jenis sanca kembang sepanjang tiga setengah meter hebohkan warga Lingkungan Tegal Asem, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang, Kamis 18 Juli 2019 sore.

Ular tersebut ditemukan warga tepat di pinggir jalan dekat pohon bambu sekitar lingkungan. Ketua RT 03/03 Lingkungan Tegal Asem yang juga penangkap ular Mi'an menjelaskan, pada saat itu dirinya sedang mencari ikan tak jauh dari lokasi ditemukannya ular. Kemudian, ia mendengar jeritan warga dan langsung menghampirinya.

"Kejadiannya sore ini, ketika saya sedang cari ikan banyak warga yang berteriak, ternyata ada ular besar yang berjalan menuju ke pemukiman. Saya selaku ketua RT merasa wajib dan berusaha melindungi warga. Karena khawatir ular itu melukai warga sini," katanya.

Bermodalkan tontonan dari YouTube, Mi'an pun mencoba mempraktikkannya langsung. Dengan dibantu rekannya, dan sebuah karung beras berukuran 25 kilogram ia langsung menyergap ular tersebut dengan tangan kosong tanpa melukai ular dan juga dirinya.

"Jadi saya coba untuk tangkap ularnya, dibantu teman. Kebetulan saya suka nonton YouTube, akhirnya saya memberanikan diri untuk menangkap langsung ularnya. Saya juga minta siapin karung buat tempat ularnya. Alhamdulillah, bisa tertangkap tanpa ada yang terluka," ujarnya.

Diduga ular tersebut keluar dari habitatnya karena kelaparan dan ingin mencari makan di sekitar daerah itu. Karena sebelumnya, Mi'an berujar beberapa warganya melaporkan kehilangan ayam piaraannya belum lama ini. Namun, ia belum tau pasti apakah dimakan ular atau musang.

"Warga sini ada kehilangan ayam-ayamnya. Tapi saya belum memastikan itu dimakan ular atau musang. Karena disini juga banyak musang liar. Bisa jadi dimakan musang. Tapi kalau sudah tertangkap gini, ya bisa saja dimakan ular," ucapnya.

Sebelumnya juga ia mengatakan, ada seekor ular yang terbakar di komplek perumahan tidak jauh dari lingkungannya. "Yang satu sih udah kebakar di sana, dekat komplek," katanya kepada wartawan Kabar Banten Rizki Putri.***

Bagikan: