Pikiran Rakyat
USD Jual 14.027,00 Beli 14.125,00 | Umumnya berawan, 20 ° C

Menguak Keindahan Kota Jogja, Kota Pelajar

Tim Pikiran Rakyat
TEBING Breksi.*/DOK. ANTARA FOTO
TEBING Breksi.*/DOK. ANTARA FOTO

SIAPA sih yang tidak mengenal kota pelajar di Indonesia? Siapa pula yang tidak tahu keindahan kota pelajar? Daerah Istimewa Yogyakarta (DI. Yogyakarta) merupakan sebuah kota yang sering dijuluki sebagai kota  pelajar di Indonesia dan memiliki keindahan kota maupun tempat wisata tersendiri.  Keindahan Jogja yang paling dapat dilihat adalah dari objek-objek wisata di Jogja yang begitu menawan. Baik objek wisata alam maupun objek wisata buatan yang ada di Jogja sangat memikat hati.

Walaupun sudah memiliki banyak objek wisata yang begitu mempesona dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Namun ada pula beberapa objek wisata baru alam yang baru terekspos ke publik, maupun wisata buatan baru yang sengaja dibangun oleh pemerintah daerah Jogja untuk semakin menarik perhatian wisatawan untuk kembali ke Jogja. Wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara merupakan target pengunjung pemerintah daerah ini. Berikut ini ada sedikit ulasan tentang beberapa wisata di Jogja yang dikategorikan baru dan sangat populer saat ini.

The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park awalnya merupakan sebuah taman biasa. Hal yang menyebabkan objek wisata ini terlihat sangat unik dibandingkan taman-taman pada umumnya adalah adanya beberapa miniatur bangunan khas dari berbagai negara. Salah satunya, yaitu miniatur menara Eiffel dari Paris, Perancis.

Dengan berkunjung ke objek wisata unik ini, kamu dapat berfoto dengan latar belakang bangunan khas negara lain. Sehingga seolah-olah kamu sedang berada di negara tersebut. Taman ini terletak di depan Museum Gunung Merapi yang berada di kawasan wisata Kaliurang.

Jogja Bay WaterPark

Jogja Bay Waterpark merupakan salah satu waterboom terbesar dan terlengkap yang ada di Yogyakarta. Tempat rekreasi yang dibuka pada tahun 2016 ini memiliki luas lahan mencapai 7,7 hektare. Selain itu ada banyak wahana wisata air yang menarik. Ada beberapa wahana yang dikhususkan untuk anak-anak, ada pula beberapa wahana yang dapat memacu adrenalin dan dikhususkan untuk orang dewasa.

Selain itu ada permainan seru yang bernama “How to Survive in Tsunami and Earthquake”. Permainan ini membuat kamu merasakan bagaimana kerasnya ombak yang sangat menegangkan, diasumsikan sama dengan kerasnya ombak tsunami. Namun jangan khawatir. Walau nama dan penjelasannya terdengar mengerikan dan bahaya, wahana ini terjamin keamanannya.

Di waterbom ini juga terdapat beberapa kolam yang dikhususkan untuk berenang santai dan diberi nama Kula Play pool. Ada pula kolam bernama Hip Playground yang cocok digunakan untuk keluarga yang membawa anak kecil. Serta beberapa pembagian kolam lainnya.

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit adalah objek wisata yang berada di dusun Sukarame, desa Mangunan, Bantul. Untuk mencapai ke lokasi tempat wisata ini berada, kamu akan melewati jalur yang memiliki indahnya pemandangan hutan pinus. Di dalam objek wisata ini terdapat banyak rumah yang berbentuk kecil layaknya rumah hobbit.

Selain rumah hobbit, ada permainan flying fox yang dapat memacu adrenalin Anda. Ada pula jembatan kayu yang bisa Anda sebrangi. Jangan lupakan untuk menikmati pemandangan yang sangat menawan serta memanfaatkan spot foto yang tentunya instagramable.

Tebing Breksi

Ada sebuah tebing yang termasuk ke dalam jajaran wisata unik di Jogja. Tebing tersebut bernama Tebing Breksi. Tebing ini terletak di dusun Groyokan, desa Sambirejo, Sleman. Tebing tersebut dulunya adalah sebuah tambang kapur yang sekarang telah disulap menjadi tebing yang diukir dengan berbagai macam ukiran unik. Ukiran yang paling terkenal di tebing breksi adalah ukiran wayang dan naga yang sangat menarik dan mempesona. Selain itu banyak spot foto yang instagramable.

Taman Pelangi

Taman Pelangi merupakan salah satu objek wisata di Jogja yang menampilkan pemandangan warna-warni lampion. Dinamakan Taman Pelangi karena indahnya warna-warni lampion di kala malam hari ini menyerupai pelangi sehabis hujan. Selain lampion yang berwarna-warni dan terkesan artistik, kamu juga bisa menikmati berbagai macam permainan seru yang telah disediakan. Permainan-permainan itu, meliputi trampolin, bola air, perahu dayung, bom-bom car dan beragam permainan menarik lainnya.

Taman ini berada di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sleman. Kamu dapat mengunjunginya di malam hari setelah berkeliling museum Jogja Kembali. Taman pelangi memang merupakan salah satu objek wisata malam di Jogja. Ini dapat dilihat dari jam operasionalnya yang baru buka pukul 17.00 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB.***

Bagikan: