Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 18.4 ° C

Sudah Sampai Pondok Gede, Calon Haji Meninggal Dunia

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI ibadah haji.*/ANTARA
ILUSTRASI ibadah haji.*/ANTARA

SERANG,(PR).- Ervin Azhari (52), jamaah haji asal Perumahan Taman Krakatau blok E RT 04/RW 08, Desa Waringin Kurung Kecamatan Waringin Kurung dikabarkan meninggal dunia, di Rumah sakit haji Pondok Gede, Jakarta, Senin 15 Juli 2019. Ervin dikabarkan meninggal akibat penyakit jantung.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febrianto mengatakan, ketika pemberangkatan Minggu 14 Juli 2019, Ervin pun harus dituntun oleh keluarganya. Pihaknya pun tidak memaksakan Ervin agar duduk di tenda jamaah, dia langsung naik ke dalam bus.

Sesampainya di asrama haji Pondok Gede, ia langsung diterima dan dirawat khusus oleh PPIH dan tim medis Pondok Gede. Namun kemudian sekitar pukul 10.00 pagi dia dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dokter, korban meninggal akibat penyakit jantung. "Dia memang sudah sakit. Tapi hasil pemeriksaan medis diberangkatkan dan ajal enggak tahu. Dia diberangkatkan normal," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Dindin Hasanudin.

Saat ini, lanjut dia, pihak keluarga dan Kemenag sedang mengurus kepulangan jenazah Ervin. "Paling nanti pemda akan berdukacita sekaligus tak'jiah ke rumah beliau untuk berikan ucapan bela sungkawa kepada korban," tuturnya.

Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Serang Kokom Komariah mengatakan, Ervin meninggal karena serangan penyakit jantung. Ia seharusnya masuk jemaah tahun 2018 bersama istrinya. Namun karena sakit akhirnya ia ditunda dan berangkat tahun ini. "Tahun ini karena merasa sehat maka berangkat kemarin sendiri. Sampai di asrama haji pas mau masuk dia ampal. Akhirnya dirawat di sana, makin ngedrop dan dirujuk ke rumah sakit haji dan jam 10.00 pagi meninggal," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihak keluarga sedang menjemput jenazahnya. Setelah mereka sampai, Kemenag pun akan bertak'jiah ke rumah duka.

Disinggung soal kesehatan jemaah haji lainnya, Kokom mengatakan semua sehat. Bahkan jamaah kloter 12 saat ini sudah take-off menuju Madinah. "Alhamdulillah sehat semua, yang risti itu kalau dinyatakan maka enggak bisa berangkat. Kalau risti karena bisa berangkat," tuturnya.

Selain Ervin, kata Kokom, jemaah haji kloter 16 asal Kabupaten Serang yang hendak diberangkatkan malam ini juga ada yang meninggal dunia. "Ada yang meninggal lagi namanya Eni Aminudin dia orang serang tapi kloter 16 yang mau diberangkatkan nanti malam. Tuh kopernya sudah dikembalikan," ucapnya.

Disinggung soal jemaah haji yang gagal berangkat, ia menjelaskan dari semua jamaah asal Kabupaten Serang ada sembilan yang batal berangkat. "Karena risti, hamil dan tunda. Total (jamaah berangkat) ada 1.208 jadi tinggal dikurang 11 yang berangkat. Yang tunda itu tahun depan," katanya.***
 

Bagikan: