Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 14.187,00 | Umumnya cerah, 20.5 ° C

Komunikasi, Kunci Sukses Karyawan dan Perusahaan

Wilujeng Kharisma
null
null

YOGYAKARTA, (PR).-  Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr. Aqua Dwipayana menyebut kunci sukses menjadi seorang karyawan adalah komunikasi. Komunikasi menjadi bagian terpenting untuk mendorong karyawan berkontribusi positif bagi kemajuan perusahaan.

Demikian disampaikan penulis buku best seller "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi" pada acara Sharing Komunikasi dan Motivasi bagi karyawan Pegadaian Wilayah XI Jateng dan DIY di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Minggu (14/7/2019). "Kuncinya adalah pada kemampuan berkomunikasi baik secara individu, internal maupun external," ucap Aqua Dwipayana. Acara juga dihadiri Senior Vice President PT Pegadaian Wilayah XI Jateng DIY Mulyono. 

Menurutnya, komunikasi memiliki peran vital dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih untuk menyelesaikan masalah demi masalah. "Tak ada satu masalah pun di dunia yang bisa selesai tanpa adanya komunikasi," tegasnya.

Doktor komunikasi dari Fikom Universitas Padjadjaran ini secara khusus mengajak seluruh karyawan untuk mulai membiasakan diri berkomunikasi yang baik Tak hanya dengan rekan kantor tapi juga dengan klien atau nasabah.

Aqua yang sebelumnya telah menyampaikan sharing komunikasi di beberapa negera di Timur Tengah, juga membeberkan rumus atau prinsip sukses berkomunikasi ialah dengan REACH, yang terdiri dari ungkapan Respect atau peduli. E yakni "Empathy" yang bermakna mempunyai perhatian. Lalu, "Audible" atau mudah menyesuaikan. "Clarity" atau terpahami, serta "Humble" atau sikap rendah hati. "Prinsip dasar inilah yang harus dibawa dan diterapkan oleh masing-masing karyawan untuk terus berkinerja produktif mencapai target-target yang ditentukan perusahaan," katanya menegaskan.

Lebih jauh ia mengaku bangga dengan langkah yang diambil oleh Pegaadian Wilayah Jateng dan DIY yang memahami betapa penting komunikasi dilakukan untuk mencapai target bisnis. "Padahal dari 12 wilayah pegadaian, wilayah Jateng dan DIY ini menduduki posisi tertinggi dalam mencapai target. Tapi masih tetap ingin mempertahankan dan malah ingin meningkatkan. Ini langkah yang cerdas dan penting dilakukan apalagi dalam masa transformasi untuk mecapai visi yang sudah ditentukan," ujarnya.

Aqua menuturkan, komunikasi yang dilakukan di bawah kepemimpinan Mulyono sebelumnya dilakukan pada level pemegang kebijakan dan pimpinan. "Memperkuat komunikasi internal pada level atasan lalu disalurkan dan dikomunikasikan pada level pelaksanan menjadi langkah penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan," tuturnya. 

Sejak dicetuskan dan diprogramkan pada thuan 2018, Pegadaian terus melakukan perbaikan dan transisi transformasi mengikuti perkembangan zaman. Hal itu dinilai sebagai kunci sukses untuk mempertahankan perusahaan dan meningkatkannya.

Transformasi

Sementara itu Mulyono mengimbau seluruh karyawan untuk meningkatkan kinerja dengan target yang telah ditentukan perusahaan dengan cara silaturahmi. "Hal ini harus menjadi bagian dari program transformasi yang kami lakukan sejak 2018, walaupun sebelum itu juga selalu melakukan perubahan dan mengikuti perkembangan zaman dan selera pelanggan untuk tetap eksis berada di industri keuangan di Indonesia," kata Mulyono.

Ia mengatakan, perubahan zaman dan makin ketatnya persaiangan merupakan tantangan berat bagi perusahaan sehingga perlu beradaptasi. Dengan adaptasi tentu saja diperlukan adanya koordinasi dan komunikasi yang kuat sebelum menjawab tantangan dengan berbagai program yang bisa membuat kinerja perusahaan meningkat.

"Program yang bagus tanpa komunikasi dan eksekusi yang bagus juga percuma. Oleh karena itu, acara yang sudah rutin kami lakukan seperti ini dirasa perlu dan penting dilakukan untuk mempererat rasa diantara para pegawai sehingga tercipta komunikasi yang baik pada tataran internel perusahaan khusunya Pegadaian wilayah Jateng DIY," ujarnya.

Dengan adanya komunikasi yang baik di level internal, kata dia, akan membawa dampak yang baik juga untuk mengkomunikasikan di level eksternal, dalam hal ini konsumen dan pelanggan. "Kami ingin menjadi perusahan paling bernilai pada industri keuangan di Indonesia. Itu visi kami. Makanya untuk mencapai visi tersebut, strategi melakukan komunikasi dan koordinasi yang bisa menjadi kunci penting untuk meraihnya," katanya. ***

 

Bagikan: