Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Langit umumnya cerah, 22.6 ° C

Jemaah Haji tidak Perlu Bawa Ikan Asin

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI ibadah haji.*/DOK. PR
ILUSTRASI ibadah haji.*/DOK. PR

SERANG,(PR).- Sebanyak 393 calon jemaah haji asal Kabupaten Serang berangkat menuju tanah suci, Ahad 14 Juli 2019. Keberangkatan kloter 12 ini dilepas langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin di Pendopo Bupati Serang.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala kantor Kemenag Provinsi Banten Bazari Syam, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Serang Tubagus Sihabudin, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, Ketua MUI Kabupaten Serang Rahmat Fatoni, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febrianto dan tokoh masyarakat.

Jemaah haji yang diantarkan sanak familinya tersebut sudah datang sejak dinihari. Berbeda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini di lokasi pun sudah disediakan tenda bagi para jemaah. Jemaah pun kemudian dilepas sekitar pukul 08.00 pagi.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febrianto mengatakan, untuk pemberangkatan calon jemaah haji semua telah terkondisi dengan aman dan tertib. "Alhamdulillah sudah terkondisi semuanya," ujar Febri kepada wartawan Kabar Banten Dindin Hasanudin.

Febri mengatakan, dalam hal pelayanan ibadah haji, Pemkab Serang selalu berinovasi dan ada peningkatan setiap tahunnya. Tujuanya agar para jemaah bisa beribadah dengan tenang dan tentram sehingga menjadi haji yang mabrur. "Pemkab terus berinovasi, biar jadi haji mabrur, seperti pakai tenda sekarang kan," ucapnya.

Ia mengatakan, jemaah tersebut diberangkatkan menggunakan sembilan unit bus. Selain itu ada juga kendaraan pengawal yang telah disiapkan. "Ini sembilan bus semuanya yang akan diberangkatkan ke embarkasi Pondok Gede, Jakarta dan sampai sana jam 12 siang," ucapnya.

Sangat panas

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang Tubagus Sihabudin mengatakan, total jemaah yang berangkat pada kloter 12 atau pertama di Kabupaten Serang ini ada 393 orang. "Mereka menuju ke Pondok gede, besok pagi jam 12.00 berangkat ke Madinah," ujarnya.

Disinggung soal yang harus diwaspadai para jemaah, Sihabudin mengatakan saat ini cuaca di Mekah dan Madinah sedang sangat panas. Untuk Mekkah saat ini memiliki suhu 42 derajat Celcius, sedangkan Madinah 41 derajat Celcius. "Mereka harus banyak minum agar enggak dehidrasi dan makan buah-buahan," ucapnya.

Selain itu, kata dia, para jemaah juga sudah diberitahukan terkait apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa selama di tanah suci. "Jemaah hanya membawa sesuai perintah Kemenag. Jangan bawa ikan asin, rendang, dendeng dan lainnya," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin mengatakan, yang utama para jemaah harus menjaga kesehatan. Karena tanpa sehat mereka tidak bisa menjalankan rukun haji.

Kedua, lanjut dia, khusus pada petugas haji baik yang diberangkatkan oleh Pemda serang atau Pemprov Banten agar benar benar menjalankan fungsinya. "Karena petugas haji itu diberangkatkan hasil seleksi, mereka pakai uang rakyat. Jadi harus benar benar, jangan sampai balala balelo (santai), ada jamaah sakit dibiarkan saja, itu tugasnya," tuturnya.***

Bagikan: