Pikiran Rakyat
USD Jual 14.084,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 31.2 ° C

Nama-nama Pejabat Eselon II yang Akan Dimutasi Mulai Beredar

Tim Pikiran Rakyat

ILUSTRASI mutasi pejabat.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI mutasi pejabat.*/DOK. KABAR BANTEN

CILEGON, (PR).- Pasca melakukan assessment, dikabarkan mutasi untuk  eselon II semakin dekat.Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, setelah pelaksanaan assesmen, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) melaksanakan evaluasi dan melakukan rapat koordinasi terkait dengan penempatan pejabat baru 20 hari usai pelaksanaan assesmen.

Sumber di Pemkot Cilegon membenarkan adanya mutasi dan rotasi untuk eselon dalam waktu dekat. Karena memang sesuai dengan aturan, maka pejabat eselon harus dilaksanakan mutasi sebagai salah satu penyegaran.

“Kalau mengacu pada PP 11/2017 memang setelah melakukan assesmen maka harus dilaksanakan adanya mutasi, tapi itu kebijakan pimpinan,” katanya yang tidak mau disebutkan namanya.

Dia mengatakan, dalam hal penataan organisasi Instansi Pemerintah yang mengakibatkan adanya pengurangan JPT, dalam PP ini, penataan dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada oleh panitia seleksi. Dalam hal pelaksanaan penataan pejabat, tidak memperoleh calon pejabat pimpinan tinggi yang memiliki kompetensi sesuai, pengisian JPT dilakukan melalui Seleksi Terbuka.

“Jadi kalau menurut aturan memang seperti itu, akan tetapi lagi-lagi kebijakan pimpinan yang akan mengatur kapan dan mutasi dilakukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam PP tersebut juga diatur pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada.

“Pengisian JPT sebagaimana dimaksud harus memenuhi syarat seperti klasifikasi Jabatan, memenuhi standar kompetensi Jabatan, telah menduduki Jabatan paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun,” tuturnya.

Informasi yang beredar sejumlah nama mulai dikaitkan dengan instansi seperti Dikri Maulawardana Kadis Perindustrian dan Perdagangan yang akan menjadi Kepala Bappeda, Aziz Setia Ade Kadis Perkim menjadi Kadis Perizinan (DPMPTSP), Heri Mardiana Kadisparbud menjadi Sekwan, Ahmad Jubaedi Kadiskominfo menjadi Kepala BKPP, Mahmudin dari BKPP menjadi Kadispora, Teten Hertiaman Kadispora menjadi Kadis Koperasi dan UMKM.

Terpisah Kepala Perindustrian dan Perdagangan Dikri Maulawardana mengaku, semua mutasi adalah kebijakan dari pimpinan. Sebagai pejabat, kata dia, siap ditempatkan dimana saja.”Nggak ada kabar terkait dengan mutasi eselon II. Semuanya saya serahkan kepada pimpinan, sebagai pejabat siap ditempatkan dimana saja,” ungkapnya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto.

Sementara itu Kepala BKPP Mahmudin mengaku tidak tahu menahu adanya mutasi yang akan dilakukan untuk eselon II. Karena, kata dia,saat ini pihaknya tengah  mengirim 18 orang pejabat eselon III di lingkungan kerja Pemkot Cilegon menjalani penilaian dan kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dan Administrator (Talent Pool) di Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bandung.

“Kata siapa ada mutasi,nggak ada itu,karena saat ini kami tengah mengirim belasan pejabat eselon III untuk menjalani penilaian dan kompetensi,” ucapnya.***

Bagikan: