Pikiran Rakyat
USD Jual 14.084,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 32.2 ° C

Mulai 11 Juli 2019, Diskon Tiket Pesawat Dimulai!

Tia Dwitiani Komalasari
Penerbangan/ANTARA
Penerbangan/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Rencana pemerintah memberikan diskon harga tiket pesawat akan dimulai pada 11 Juli 2019. Pemberian diskon pada waktu tertentu tersebut akan dialokasikan 30 persen dari jumlah kursi pesawat. 

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, mengatakan, pemerintah kembali menggelar rapat koordinasi lanjutan mengenai upaya penurunan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat. Sebelumnya, pembahasan telah dilakukan pada 1 Juli 2019.

"Ini merupakan tindak lanjut rapat 1 Juli 2019 lalu, ketika pemerintah dan maskapai sepakat menentukan besaran penurunan harga tiket pesawat Low Cost Carrier (LCC) sebesar 50 persen dari tarif batas atas pada hari dan jam tertentu,"ujarnya Senin, 8 Juli 2019, malam.

Dia mengatakan, penerbangan murah disediakan oleh pemerintah untuk jadwal keberangkatan pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00 s.d. 14.00. Diskon diberlakukan untuk penerbangan LCC domestik tipe pesawat jet.

Penurunan tarif itu mkencapai 50% dari TBA LCC. "Alokasi seat 30% dari total kapasitas pesawat,” ujar Susiwijono.

Terdapat dua penerbangan yang akan memberlakukan diskon tersebut yaitu Citilink dan Lion Air. "Untuk Citilink sejumlah 62 flight per hari dengan total saat ini 3.348 seat. Sementara, Lion Air Group sejumlah 146 flight per hari dengan total saat ini 8.278 seat,"ujarnya.

PETUGAS Inspektur Kelaikudaraan DKPPU Kementerian Perhubungan dan tekhnisi Lion Air melakukan pemeriksaan seluruh mesin dan kalibrasi dengan menggunakan alat simulasi kecepatan dan ketinggian pesawat pada pesawat Boing 737-Max 8 milik Lion Air di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 12 Maret 2019.*/ANTARA

Penerbangan murah diawasi secara periodik oleh Kemenhub 

Dia mengatakan, rute penerbangan yang ditetapkan sebagai penerbangan murah ini akan mengikuti mekanisme izin dari Dirjen Perhubungan udara. Pengawasan atas kebijakan ini akan dilaksanakan oleh Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan.

"Untuk mengawal pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan rapat pengawasan dan  monitoring secara periodik.Ini bentuk komitmen pemerintah untuk menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat,” ujar Susiwijono.

Sebelumnya,  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan, keputusan ini diambil untuk merespon keinginan masyarakat untuk harga tiket lebih murah. Sebelumnya,  pemerintah telah menurunkan tarif batas atas pesawat sebesar 12-16 persen. 

Meskipun demikian, dia mengatakan, diskon ini tidak berlaku untuk semua rute. "Namun itu bisa membuka peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan tiket lebih murah "ujarnya. ***

Bagikan: