Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Sebagian berawan, 20.3 ° C

Pengangguran Kini Bisa Jadi Pekerja Kementerian

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI pengangguran bisa jadi pekerja kementerian.*/DOK PR
ILUSTRASI pengangguran bisa jadi pekerja kementerian.*/DOK PR

SERANG,(PR).- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Republik Indonesia telah merekrut pengangguran di wilayah Kabupaten Serang untuk dijadikan Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di wilayah Kabupaten Serang.

Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang mengatakan, saat ini kemenaker sudah merekrut pengangguran dari Kabupaten Serang untuk dijadikan TKS. “Nah TKS ini baru tadi melapor ke saya,” ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Dindin Hasanudin, Jumat 5 Juli 2019.

Ugun mengatakan, TKS ini nantinya akan ditugaskan menjadi pendamping wirausaha di beberapa wilayah se Kabupaten Serang. Sabtu 6 Juli 2019 rencananya TKS ini akan diberangkatkan diklat tentang kewirausahaan dan pendampingan.

Setelah itu baru diketahui dimana mereka akan ditempatkan di Kabupaten Serang. Dengan demikian, TKS ini statusnya adalah pekerja kementerian. “TKS kementerian dia itu yang direkrut kementerian, hanya penempatan dikembalikan ke Kabupaten Serang,” katanya.

Ugun menuturkan, keberadaan TKS ini nantinya akan membantu kewirausahaan di kecamatan. Semisal mereka ditempatkan di Desa Lontar, dimana di daerah itu ada wirausaha yang dibuat masyarakat.

TKS tersebut bertugas mendampingi juga membantu berinovasi bagi pelaku wirausaha. Selain itu mereka juga harus membantu pengembangan usaha tersebut ke depannya. “Kalau yang sudah-sudah sampai Desember (kontraknya), nanti kalau mulai sekarang berarti enam bulan,” tuturnya.

Ia mengatakan, selain dua tugas tersebut, TKS juga akan diminta memantau aktivitas perkembangan kewirausahaan mana yang aktif dan tidak. “Seperti membantu mengatasi masalah marketing yang selama ini jadi momok. Jadi mereka ini membantu kitalah,” katanya.***

Bagikan: