Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 27.2 ° C

Bangunan Tiga Sekolah Dasar Bakal Dibongkar untuk Proyek Jalan Tol

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI gedung SD.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI gedung SD.*/DOK. KABAR BANTEN

PANDEGLANG, (PR).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pandeglang mencatat ada 3 lahan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Pandeglang yang terdampak pembangunan Jalan tol Serang- Panimbang.

"Yang terkena dampak pembangunan jalan tol itu ada 3 Sekolah Dasar, yakni SDN 1 Pasir Kadu Kecamatan Sukaresmi, SDN 2 Pasir Gadung Kecamatan Patia dan SDN 2  Pasir Serdang Kecamatan Picung," kata Hapid Hertian, Kasi Sarana dan Prasarana Dindikbud Pandeglang, Senin 1 Juli 2019.

Hapid mengatakan, Dindikbud bersama Pemkab Pandeglang tengah membahas relokasi lembaga pendidikan milik pemerintah tersebut. Bahkan Dindikbud Pandeglang telah berkirim surat kepada Bupati Pandeglang terkait relokasi 3 sekolah dasar.

"Nah untuk pembahasan relokasinya kita sedang berkoordinasi dengan BAPPEDA dan pihak terkait lainnya. Yang pasti dalam relokasi itu kami membutuhkan lahan dan sekolah baru," ujarnya.

Kaitan dengan relokasi 3 lahan sekolah dasar, lanjut Hapid, pihaknya telah memanggil kepala sekolah dan Koordinator Wilayah Dindikbud Pandeglang untuk mencari lahan pengganti terdekat dari lokasi sekolah saat ini.

Pihaknya berharap, relokasi 3 sekolah dasar itu harus segera dilakukan, sebelum terjadinya pembongkaran gedung sekolah.

"Kami berharap, sebelum adanya pembongkaran gedung, relokasi itu harus sudah selesai sehingga proses belajar mengajar sudah selesai," katanya.

Sementara itu, Satgas pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pandeglang, Muchlas membenarkan jika ada beberapa sekolah yang terkena imbas pembangunan jalan tol Serang-Panimbang.

Meski begitu, pihaknya hanya berwenang menyerahkan laporan  luasan lahan yang terkena pembebasan lahan.

"Untuk lahan pemerintah (SD) kami hanya membuatkan luasannya saja, untuk persoalan lain kami serahkan ke pemkab pandeglang," ujarnya.***

Bagikan: