Pikiran Rakyat
USD Jual 14.044,00 Beli 14.142,00 | Sedikit awan, 21.2 ° C

Petugas Kebersihan Temukan Ular Sanca di Museum 

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi ular sanca.*/ANTARA
FOTO ilustrasi ular sanca.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Ular Sanca Kembang atau Phyton Reticulatus sepanjang 3,5 meter ditemukan di bekas kantor gubernur lama yang saat ini beralih fungsi menjadi Museum Negeri Banten di Jalan Brigjen Syamun Nomor 5 Kota Serang, Kamis 27 Juni 2019.

Menurut Hartono yang merupakan petugas kebersihan, ular tersebut pertama kali ditemukan saat dirinya sedang membersihkan rumput liar yang ada di belakang gedung sekitar pukul 10.00 siang hari. "Saya sedang membersihkan rumput di belakang sebelah kanan, tiba-tiba ada kepala ular naik," kata Hartono.

Setelah mengetahui adanya ular yang cukup besar, ia mengajak beberapa temannya untuk melakukan penangkapan. "Dengan beberapa teman akhirnya saya berhasil menangkap ular itu," ucapnya. 

Staf Biro Umum Museum Yayat Supriyatna mengatakan, setelah ular tersebut ditemukan dan ditangkap oleh petugas kebersihan, dirinya melaporkan ke pimpinannya di biro umum Provinsi Banten. "Sekarang ular tersebut saya tempatkan di bekas kandang burung depan kantor gubernur," katanya.

Setelah itu, ujar dia, ular tersebut akan diserahkan ke instansi yang berwenang mengurusi binatang di Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten.  "Kita akan serahkan ke dinas terkait yang mengurus binatang," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho. 

Sementara itu, Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banten, Andre Ginson mengatakan Ular Sanca yang ditemukan di bekas gubernur Banten bukan salah satu satwa yang dilindungi. Namun, hewan itu akan tetap diterima untuk selanjutnya dilepasliarkan.

"Sebetulnya itu bukan hewan dilindungi, paling nanti kita langsung lepaskan ke habitatnya. Kalau keadaannya tadi dibacok paling diobati terlebih dahulu," ujarnya.***
 

Bagikan: