Pikiran Rakyat
USD Jual 14.106,00 Beli 13.806,00 | Umumnya berawan, 20.6 ° C

Parpol Siapkan Lembaga Survei untuk Tentukan Kandidat di Pilkada

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI pilkada.*
ILUSTRASI pilkada.*

CILEGON, (PR).- Walaupun tahapan Pilkada akan dilakukan pada bulan Sepember 2019 mendatang,sejumlah partai politik sudah berancang-ancang menyiapkan lembaga survei guna menentukan siapa kandidat yang bakal diusung dan berpasangan dengan siapa pada Pilkada 2020.

Sekretaris DPD Golkar Cilegon Sutisna Abas mengatakan, untuk menggandeng lembaga survei adalah sebuah kepastian,karena pada saat Pilkada 2016 lalu,pasangan yang diusungnya menggandeng lembaga surevi SMRC.

”Kalau untuk menggandeng lenbaga survei itu pasti,karena saat pilkada lalu Pak Iman-Edi, kami menggandeng salah satu lembaga survei yang kredibel,”katanya kepada Kabar Banten,Rabu 19 Juni 2019.

Dia mengatakan, walaupun secara pasti harus menggandeng lembaga survei,namun hal itu harus berdasarkan keputusan rapat. Namun, hingga saat ini belum ada hal apapun mengenai rapat internal mengenai kesiapan partai golkar Kota Cilegon dalam Pilkada.

“Jadi memang untuk memutuskan segala sesuatunya melalui rapat muyawarah. Kalau dalam rapat tidak perlu lembaga survei, ya tidak mesti, tapi kalau disetujui maka akan kami gandeng,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Sekretaris DPD PAN Cilegon Hasbudin yang mengatakan, menggandeng lembaga survei adalah hal penting, karena bisa menentukan pasangan calon dan mengusung siapa serta bagaimana peluangnya.

“Adanya lembaga survei yang kredibel, bagi kami adalah hal yang penting. Karena untuk menentukan tolok ukur seperti elektabilitas serta popularitas. Sehingga DPD PAN Cilegon bisa memutuskan nanti akan berkoalisi dengan siapa, karena kami mempunyai 4 kursi,” tuturnya.

Selain sebagai acuan dalam menentukan pasangan, kata dia, DPD PAN Cilegon tidak ingin hasil survei nanti secara internal.Karena hal itu tidak bisa menjadi sebuah patokan, untuk itu lembaga survei yang akan digandeng oleh PAN adalah yang terpercaya diakui keberadaanya.

“Kalau survei internal, hasilnya bagus-bagus saja semuanya. Prosesnya, ada sejumlah kandidat yang masuk dalam penjaringan nanti. Nama-nama tersebut kami serahkan kepada lembaga survei, dari situ nanti akan kelihatan nama-nama yang muncul hingga akhirnya kami memilih siapa dan berkoalisi dengan siapa,” ucapnya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto.

Wakil Ketua Bidang Hukum DPC PDIP Kota Cilegon Tb.Amri Wardhana mengatakan, untuk DPC PDIP sendiri menggunakan lembaga survei yang biasa digunakan oleh DPP PDIP.Sehingga,kata dia,seluruh daerah bisa tercover langsung.

“Untuk DPC PDIP Kota Cilegon sendiri menggunakan lembaga survey dari DPP, dan berdasarkan hasil Rakercab semua bulat untuk memutuskan dan mengusung Ketua DPC PDIP H.Reno Yanuar,tidak ada calon lain,” ungkapnya.***

Bagikan: