Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 30 ° C

PJU Padam, Jalan Alternatif Ciloang Rawan Kecelakaan

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI penerangan jalan umum.*/DOK. PR
ILUSTRASI penerangan jalan umum.*/DOK. PR

SERANG, (PR).- Aktivitas warga kampung Ciloang, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Serang pada malam hari terganggu karena padamnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sejak beberapa bulan lalu. 

PJU yang padam diantaranya terletak didepan Rumah Dunia, Masjid Nurul Huda dan simpang empat Ciloang menuju ke arah Lingkungan Kemang Pusri. Akibat padamnya PJU itu,  penerangan di Lingkungan Ciloang hanya mengandalkan lampu-lampu dari rumah warga sekitar. 

Salah seorang warga, Ajat Sudrajat mengatakan, keberadaan lampu PJU di lingkungannya sangat dibutuhkan untuk aktivitas malam hari, mengingat Lingkungan Ciloang sudah termasuk lingkungan yang padat penduduk dan ramai hilir mudik kendaraan. 

"Di Ciloang ini ada sekitar enam RT. Terus ada pusat pendidikan seperti Rumah Dunia yang tiap akhir pekan sering ada kegiatan di malam hari. Kalau lampu PJUnya terang lagi bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan, karena kalau malam hari banyak anak-anak kecil bermain,” kata Ajat, Senin 17 Juni 2019.

Warga lainnya, Sarman mengatakan padamnya tiga lampu PJU itu cukup mengganggu aktivitas warga. Selain itu, pengendara juga merasa terganggu karena tidak ada penerangan jalan. Padahal, lokasi Ciloang tidak jauh dari pusat Kota Serang. 

"Yang lewat di Ciloang ini banyak dari mana-mana. Apa lagi Lingkungan Ciloang ini jadi jalur alternatif para pengendara sepeda motor dan mobil," ucapnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho. 

Meski sudah padam beberapa bulan, ia mengatakan PJU yang padam itu tak kunjung diperbaiki. Sementara, warga juga mengaku bingung harus melaporkan ke siapa. 

"Sementara ini kita belum melaporkan ke siapa-siapa karena kami belum paham harus melapor kemana. Tapi yang jelas lampu PJU ini bukan hanya dibutuhkan oleh warga Ciloang saja, tapi warga-warga lainnya khususnya pengendara kendaraan," tuturnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Maman Luthfi memastikan pihaknya akan segera memperbaiki PJU yang padam tersebut. "Akan ditindaklanjuti segera. Kita akan cek dulu. Terima kasih atas informasinya,” ujarnya.***

Bagikan: