Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Sebagian berawan, 20.1 ° C

Pembukaan Calon ASN 2019, Pemkot Serang Ajukan 1.024 Formasi

Tim Pikiran Rakyat

ILUSTRASI pembukaan CPNS.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI pembukaan CPNS.*/DOK. KABAR BANTEN

SERANG, (PR).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang berencana mengajukan 1.024 untuk pembukaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) bulan Oktober 2019 mendatang. Angka tersebut sesuai dengan "e-budgeting" formasi yang diusulkan dan berdasarkan kebutuhan ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Serang.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Agus Saini, Rabu 12 Juni 2019. "Kota serang itu rencananya kemarin mengajukan 1.024 sesuai dengan e-budgeting formasi yang dibuat. Yang diusulkan. Memang kebutuhan kami sebanyak itu," ujarnya.

Sedangkan untuk kuota, ia mengatakan masih menunggu dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). "Tapi kalau secara bertahap, di 2019 ini dilihat dari Batas Usia Pensiun (BUP) masih dibawah 100 ASN, kemudian di 2020 sekitar 200, lalu di tahun 2021 sekitar 231, 2022 turun lagi sekitar 160, itu sesuai dengan data dari kami (BKPSDM)," ucapnya.

Sementara untuk formasi yang Pemerintah Kota Serang ajukan tersebut, ia menjelaskan, sesuai ketentuan dari Menpan RB. Yakni, 70 persen dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kemudian 30 persennya dari umum.

"Nah ini yang masih menjadi pertanyaan kami di BKPSDM. Sebab kami baru mengusulkan, kemudian website dari Menpan pun belum dibuka. Jadi sejauh mana, kami belum tau seberapa banyak yang diberikan kepada kami," tambahnya.

Pemetaan

Apabila sudah dibuka, kata Agus, baru akan ketahuan seberapa banyak kuota yang diberikan oleh Menpan kepada Pemerintah Kota Serang. "Setelah itu, baru kami melanjutkan pemetaannya. Jadi untuk kuotanya belum tau. Tapi kami mengajukan 1.024 ASN. Karena itu merupakan kebutuhan ASN di lingkungan Pemerintahan Kota Serang," katanya.

Namun, ia juga menuturkan, kalau pihaknya harus melihat apakah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dimiliki Pemkot Serang sanggup untuk mengangkat kuota sebanyak itu, meski secara bertahap. 

"Yang jelas kuota dari pemerintah pusat sebanyak 200 ribu itu juga akan dibagi dari kabupaten/kota dan provinsi yang ada di Indonesia. Paling ujung-ujungnya kami (Pemkot Serang) hanya dapat sekitar 200 sampai 300 kuota ASN maksimal," tuturnya kepada wartawan Kabar Banten, Rizki Putri.

Kalau berbicara kebutuhan, ujar Agus, tentu sangat banyak. Seperti yang telah disebutkannya tadi, sekitar 1.024. Karena masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Serang yang masih kosong, termasuk kecamatan dan kelurahan. Tapi ia mengatakan, itu juga bergantung pada Menpan, bisa memberikan kuota kepada Pemkot Serang berapa banyak.

"Sebenarnya masih banyak OPD yang kosong juga di lingkungan Pemerintahan Kota Serang ini. Termasuk di kelurahan-kelurahan, kan kebanyakn hanya dibatas Kepala Seksi (Kasi) saja. Sisanya rata-rata pegawai non-ASN atau honorer," ujarnya. 

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Sekretaris BKPSDM Kota Serang Ujang Supriyadi. "Iya, kemarin itu kami berencana mengajukan kuota sebanyak 1.024 ASN untuk di lingkungan Pemerintahan Kota Serang," katanya.

Namun untuk kuota dan formasi, dirinya belum mengetahui lebih lanjut. Karena pembukaan CASN yang masih beberapa bulan lagi. Ia juga mengatakan, kalau kuota sudah ditetapkan oleh Menpan. "Jadi, seberapa banyak kuota yang nantinya akan mengisi di Pemkot Serang bergantung pada Menpan," ucapnya.***

Bagikan: