Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Sejumlah Parpol Siap Berkoalisi pada Pilkada 2020

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI pilkada serentak.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI pilkada serentak.*/DOK. KABAR BANTEN

CILEGON, (PR).- Sejumlah partai politik di kota Cilegon seperti Golkar, PDIP, Berkarya dan PAN siap berkoalisi dalam menghadapai Pilkada yang akan digelar di tahun 2020. Sekretaris Partai Golkar Kota Cilegon Sutisna Abas mengatakan, walau jumlah kursi yang diraih oleh partai Golkar 10,namun koalisi tetap menjadi sebuah keharusan.

”walau salah satu persyaratan sudah terpenuhi yakni 8 kursi, kami tetap melakukan koalisi yang merupakan bagian dari demokrasi,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto, Selasa 11 Juni 2019.

Dia mengatakan, Partai Golkar terbuka bagi siapa saja dan siap membuka koalisi pada Pilkada 2020 mendatang.Bahkan sejauh ini komunikasi tengah dilakukan agar tetap terciptanya demokrasi yang bagus dalam menghadapi Pilkada nanti.

“Koalisi yang dimaksud oleh konstitusi tentunya bukan hanya koalisi suara dan kursi semata. Koalisi antara partai politik yang dimaksud adalah kerja sama untuk membangun sebuah pemerintahan yang kuat demi mewujudkan dan merealisasikan pembangunan Kota Cilegon. Pada beberapa Pilkada juga partai kami membangun koalisi dengan partai lain,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Ketua DPW Partai Berkarya Banten Helldy Agustian yang menyatakan, dengan memperoleh 4 kursi Partai Berkarya perlu melakukan koalisi. Berkraya, harus berkoalisi dengan partai lain, sehingga syarat pada pencalonan yakni 8 kursi bisa terpenuhi.

“Artinya kami akan melakukan komunikasi politik dengan partai lain dan bisa diartikan koalisi. Karena kami mempunyai kursi 4, sedangkan syaratnya adalah 8, tentu kami akan menggandeng partai lainnya.Dan berharap koalisi Capres Prabowo-Sandiaga Uno bisa melaju pada proses Pilkada 2020 di Kota Cilegon mendatang,” tuturnya.

Ia menambahkan, selama ini pihaknya telah melakukan komunikasi dengan sejumlah pengurus parpol lainnya. Artinya, guna melanjutkan koalisi pada Pilkada mendatang yang harus dibangun adalah komunikasi.

“Komunikasi politik itu adalah hal yang wajar,dimana semua parpol pasti akan melakukan komunikasi.Jadi secara jelas, kami siap berkoalisi dengan partai manapun,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar mengatakan, partainya siap membuka pintu koalisi dengan partai lainnya. Karena, dengan jumlah kursi 4, maka syarat pencalonan akan kurang.

“Jelas,kami akan berkoalisi dengan partai mana pun yang memperoleh kursi.Dan kami sudah melakukan komunikasi dalam menghadapi Pilkada 2020 mendatang.Tunggu saja nanti, karena kami sedang melakukan penjajagan,” ungkapnya.***

Bagikan: