Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 16.3 ° C

Pengawasan Ekstra untuk Perlintasan KA dan Underpass

Eviyanti
DIRUT PT KAI Edi Sukmoro (berkacamata).*/ EVIYANTI/PR
DIRUT PT KAI Edi Sukmoro (berkacamata).*/ EVIYANTI/PR

PURWOKERTO, (PR).- Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Dirut PT KAI Edi Sukmoro meminta pengawasan ekstra terhadap perlintasan sebidang dan underpass, sebab diperkirakan selama enam hari ke depan akan terjadi lonjakan penumpang dan arus kendaraan yang melintas di perlintasan sebidang.

Jumlah perlintasan tidak resmi atau liar serta tidak dijaga  masih sangat tinggi mencapai  3.616

"Keberadaan perlintasan sebidang dalam kondisi kritis,  sampai enam hari ke depan  diperkirakan masih terjadi lonjakan arus kendaraan yang melintas di perlintasan sebidang," kata Edi di sela-sela inspeksi di  Posko Angkutan Lebaran 2019 di Stasiun Purwokerto, Senin 10 Juni 2019.

 Dia  berharap angkutan Lebaran akan berlangsung lancar dan aman hingga selesai pada H+10 mendatang. Namun selama enam hari ke depan segala kemungkinan bisa saja terjadi.

Selama arus mudik dan balik, volume kendaraan di jalan raya jelas meningkat tajam. Salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah pintu perlintasan di Pejagan. Menurutnya ada tiga pihak yang harus berkoordinasi, dan pihaknya juga melakukan koordinasi terus-menerus.

"Mereka itu Direktorat Jenderal Perkeretaapian karena memang mereka itulah yang juga menjaga perlintasan-perlintasan sebidang itu. Kemudian  pemerintah daerahnya, dan PT KAI (Persero) selaku  operator harus ikut mencarikan solusi," jelasnya.

Edi Sukmoro sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang ikut menjaga perlintasan sebidang. Hingga saat ini dirinya mengaku  bersyukur karena sejak pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran 2019 hingga saat ini tidak terjadi sesuatu yang melibatkan kereta api.

Berdasarkan data  PT KAI, saat ini jumlah perlintasan KA resmi yang dijaga sebanyak 1.238, dan jumlah perlintasan tidak resmi atau liar serta tidak dijaga ada sebanyak 3.616. Sehingga jumlahnya jauh lebih banyak perlintasan liar.

Naik empat persen

Edi Sukmoro  memprediksi kenaikan jumlah penumpang  secara menyeluruh kurang lebih 4 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Edi menambahkan, sampai saat ini  jumlah tiket kereta api yang terjual sudah mencapai 98  persen, “Sehingga masih ada peluang 2 persen bagi saudara-saudara  yang masih belum mendapatkan tiket KA untuk arus balik Lebaran," jelasnya.

Dia juga memperkirakan jika arus balik masih tinggi sebab tidak semua pemudik pulang  pada hari Minggu 9 Juni 2019. 

Posko Angkutan Lebaran 2019 dilaksanakan hingga H+10 Lebaran sehingga masih tersisa enam hari lagi.***

Bagikan: