Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.1 ° C

40 Persen Kantor Kelurahan Dianggap Belum Layak

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI proyek pembangunan.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI proyek pembangunan.*/DOK. KABAR BANTEN

SERANG, (PR).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang merencanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2023 untuk membangun kantor kelurahan dan kecamatan yang dianggap sudah tidak layak. Pembangunan itu direncanakan akan bertahap setiap tahunnya. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Serang M Ridwan mengatakan, jumlah kantor kelurahan yang masih dianggap belum layak sekitar 40 persen dari total 67 kelurahan. Ia mengatakan, setiap tahunnya ditargetkan tiga sampai empat kantor kelurahan dan kecamatan yang dibangun. 

"Yang tidak layak itu sekitar 40 persen, ditargetkan setiap tahunnya tiga atau empat kelurahan yang kita bangun," kata Ridwan kepada wartawa Kabar Banten, Masykur Ridho, Kamis 23 Mei 2019.

Untuk tahun ini, kata dia, direncanakan akan dibangun empat kantor kelurahan dan kecamatan, di antaranya Kelurahan Dalung, Terumbu dan Kantor Kecamatan Serang. Pembangunannya sendiri berbeda-beda, ada yang rehab dan ada yang bangun baru. 

"Nah untuk pembangunan baru itu kantor Kecamatan Serang dan Kelurahan Terumbu, lokasinya masih sama tapi Kecamatan Serang agak mundur," ucapnya.  

Menurutnya, saat ini perencanaan penbangunan sudah dalam proses. Ditargetkan bulan Juni mendatang pembangunan sudah dimulai. "Mudah-mudahan bulan Juni sudah mulai," ujarnya. 

Kepala Bappeda Kota Serang Nanag Saefudin mengatakan sepakat dengan rencana pembangunan kantor kelurahan dan kecamatan yang merupakan pelayanan publik. Hal itu agar pelayanan maksimal dan masyarakat merasa nyaman. 

"Saya setuju dengan pak Wali, pak wakil secara beetahap kantor pelayanan publik baik itu kecamatam maupun kelurahan harus direhab dalam rangka memberikan kenyamanan kepada masyarakat sekitar," katanya. 

Sebelumnya, Wali Kota Serang Syafrudin menyatakan peningkatan infrastruktir kantor kelurahan dan kecamatan menjadi prioritas pada RPJMD 2019-2023. "Sarana prasarana baik kantor kelurahan maupun kecamatan ini masih banyak yang belum layak oleh karena itu kedepan dalam lima tahun ini kita akan selesaikan. Melalui RPJMD ini kami bekerja benar-benar tepat sasaran. Kemudian juga masalah kualitas perekonomian di Kota Serang dan masalah lingkungan,” ucapnya.***

Bagikan: