Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 20.9 ° C

Wali Kota Izinkan ASN Mudik Gunakan Kendaraan Dinas

Tim Pikiran Rakyat

ILUSTRASI mudik lebaran gunakan kendaraan dinas.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI mudik lebaran gunakan kendaraan dinas.*/DOK. KABAR BANTEN

SERANG, (PR).- Wali Kota Serang Syafrudin mengizinkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggunakan kendaraan dinas (randis) untuk mudik lebaran. Asal, ada pertanggungjawaban ketika ada kerusakan ataupun kehilangan.

“Boleh, yang penting kalau hilang diluar tanggung jawab pemerintah, kalau rusak tanggung jawab sendiri juga,” kata mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang itu, Senin 20 Mei 2019.

Menurutnya, untuk memastikan adanya tanggung jawab jika terjadi kehilangan dan kerusakan saat menggunakan randis pada mudik lebaran nanti. Pihaknya akan membuat surat pernyataan terhadap ASN yang akan menggunakan randis. “Insyaallah nanti masing-masing OPD ada semacam surat pernyataan,” ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Serang Namin mengatakan, pihaknya dari legislatif memaklumi jika Wali Kota mengizinkan randis digunakan untuk mudik lebaran yang notabene bukan kepentingan dinas, melainkan kepentingan pribadi dan keluarga.

“Tidak keberatan asal tadi tanggung jawab terhadap mobil dinas itu, kalau lah mobil dinas ini yang ada dipara pimpinan OPD dikonsentrasikan disatu tempat, kita khawatir keamanannya, kenapa kita memaklumi, memahami ketika disuasana idul fitri ini kita tidak memiliki tempat representatif untuk penyimpanan mobil dinas,” katanya.

Menurutnya, meskipun pada tahun sebelumnya ada larangan untuk membawa randis untuk mudik dan hanya boleh dititipkan, tetapi saat ini justru lebih khawatir jika randis tersebut dikonsentrasikan disatu tempat. “Kita memaklumi kalau ini dikonsentrasikan dipuspemkot tempat koita terbatas dan khawatir (keamannananya),” ujarnya.***

Bagikan: