Pikiran Rakyat
USD Jual 14.670,00 Beli 14.370,00 | Cerah, 27 ° C

Gempa Berkekuatan 5,9  SR Membuat Panik Warga Cilacap dan Purwokerto

Eviyanti
GEMPA bumi.*/DOK. PR
GEMPA bumi.*/DOK. PR

CILACAP, (PR).- Gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) membuat masyarakat Cilacap Jawa Tengah panik. Pusat gempa berada pada 9,86 lintang selatan dan 108,57 bujur timur dengan kedalaman 32 kilometer serta berjarak 222 kilometer barat daya Cilacap atau 219 kilometer tenggara Pangandaran, Jawa Barat.

Gempa yang berlangsung hanya beberapa detik membuat Kantor BMKG Cilacap dibanjiri telefon warga yang ingin mengetahui apakah gempa berpotensi tsunami. 

"Guncangan sangat kuat, membuat kami sekeluarga juga panik apakah berpotensi tsunami atau tidak, "kata Huda Syafei warga Cilacap Selatan yang rumahnya sekitar 5 kilometer dari laut.

Bahkan karena panik kendaraan dia keluarkan dari garasi,untuk mengevakuasi keluarganya. "Kursi yang saya duduki bergetar bahkan gorden rumah juga bergoyang-goyang," katanya. 

Gempa dirasakan cukup kencang oleh sejumlah warga Cilacap, namun ada juga warga yang tidak merasakannya karena sedang beraktivitas seperti sedang mengendari sepeda motor. Selain di Cilacap, guncangan gempa tersebut juga dirasakan hingga Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Salah seorang warga Tanjung  Purwokerto Yanti juga mengaku terkejut saat duduk di kursi, tiba-tiba kursi bergetar, dan benda yang ada di gantungan juga bergoyang padahal tidak ada angin.

"Sata pikir sedang berhalusinasi kok ada yang menggoyang kursi, setelah browsing di internet BMKG mengumumkan adanya gempa yang berpusat di219 kilometer tenggara Pangandaran, Jawa Barat.***

Bagikan: