Pikiran Rakyat
USD Jual 14.068,00 Beli 13.768,00 | Langit umumnya cerah, 15.5 ° C

Jokowi Masih Unggul di Rekapitulasi Nasional

Muhammad Irfan
Pemilu 2019.*/ANTARA
Pemilu 2019.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Satu pekan sejak Komisi Pemilihan Umum menggelar rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah unggul di 16 provinsi. Sementara lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di 11 provinsi lainnya.

Total saat ini sudah 27 provinsi yang direkapitulasi di tingkat nasional dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hasil itu, provinsi yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf di antaranya Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. Provinsi lain yang memenangkan calon petahana ini ialah Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah. Sementara Jokowi unggul dengan 59.737.727 suara.

Adapun provinsi yang memenangkan Prabowo-Sandi di antaranya Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara. Raihan suara Prabowo-Sandi sementara 40.093.420.

Sampai Jumat, 17 Mei 2019, KPU mencatat sudah ada 99.667.147 suara sah yang masuk. Persentase Jokowi-Ma'ruf berada di angka 59,77 persen sementara Prabowo-Sandi di 40,23 persen dengan selisih suara di angka 19.644.307.

Proses rekapitulasi rencananya akan dilanjut pada Sabtu, 18 Mei 2019. Mulanya pada Jumat, KPU juga hendak melakukan rekapitulasi untuk Sulawesi Selatan dan Papua Barat yang sudah menyelesaikan proses rekapitulasi di tingkat provinsi namun urung karena dokumen dan rombongan penyelenggara daerah tak kunjung tiba.

"Kita tunggu tadi sampai pukul 14.00 WIB, tapi Papua Barat masih di jalan dan Sulsel juga masih ada beberapa dokumen yang belum rampung. Terpaksa kita lanjutkan ke panel besok," kata Ketua KPU Arief Budiman.

Dia menuturkan, besok rencananya provinsi yang akan direkapitulasi selain Papua Barat dan Sulsel adalah DKI Jakarta. Sementara untuk daerah yang saat ini masih melakukan proses rekapitulasi di antaranya Riau, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.

"Jadi sisa tujuh provinsi yang belum dan ada juga satu PPLN yaitu PPLN Kuala Lumpur yang sudah selesai pemungutan suara ulangnya, lagi dihitung," ucap Arief.***

Bagikan: