Pikiran Rakyat
USD Jual 14.605,00 Beli 14.305,00 | Sebagian berawan, 20.5 ° C

Zat Makanan Berbahaya Beredar di Pasar Blok F

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI zat berbahaya bisa merusak kesehatan tubuh.*/DOK. KABAR BANTEN
ILUSTRASI zat berbahaya bisa merusak kesehatan tubuh.*/DOK. KABAR BANTEN

CILEGON,(PR).- Tiga bahan makanan olahan mengandung Rhodamin B (pewarna tekstil) positif yaitu di makanan olahan Pacar Cina, Cendol Merah dan Terasi bermerk mobil angkot ditemukan di pasar Blok F. Hal ini setelah balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Serang bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag)  melakukan pemeriksaan makanan berbuka setiap pasar di Cilegon.

Staf BPOM Serang Sigit Mulyono mengatakan, dalam pemeriksaan kali ini, menemukan bahan makanan yang mengandung positif pewarna tekstil atau Rodhamin B di makanan yakni pacar cina, cendol merah dan terasi udang bergambar angkot.

"Dalam pemeriksaan kali ini kami menemukan tiga bahan makanan positif mengandung pewarna tekstil alias Rodhamin B," katanya setelah usai pemeriksaan, Jumat 10 Mei 2019.

Dia mengatakan,  Rhodamin B atau pewarna tekstil adalah salah satu bahan berbahaya jika digunakan dalam pembuatan makanan dan jika dimakan terus menerus dikonsumsi dapat menyebabkan kanker dan mempengaruhi fungsi otak.Bahkan,kata dia, pemerintah telah melarang penggunaan rhodamin B untuk makanan dalam peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 239/Menkes/Per/V/1985 tentang zat pewarna tertentu yang dinyatakan sebagai bahan berbahaya.

“Pelarangan tersebut tentunya berkaitan dengan dampaknya yang merugikan kesehatan manusia. Bila mengkonsumsi terus menerus, rhodamin B dapat membahayakan kesehatan manusia seperti kanker hati," ujarnya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon dr. Arriadna mengatakan, guna menyikapi adanya zat terlarang yang beredar,masyarakat harus mewaspadai dan perlu kehati-hatian.Karena saat ini jajanan banyak beredar di sana.

“Kalau di pasar blok F mengandung zat berbahaya,itu tidak semua, hanya jenis makanan tertentu. Namun masyarakat juga perlu paham, bagaimana ciri-ciri makanan yang terkontaminasi oleh zat berbahaya.Karena Rhodamin itu pewarna untuk tekstil,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain Rhodamin, zat berbahaya lainnya adalah Boraks dan Formalin yang biasa dilakukan untuk mengawetkan bahan makanan lainnya seperti daging atau ikan.Bahkan dalam bulan Ramadan ini, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap pedagang.

“Jadi perlu diwaspadai kalau ada pedagang yang menjual bahan makanan murah,kemudian dari tampilan makanan tersebut pucat atau tidak segar itu perlu diwaspadai.Bahkan kalaupun segar,namun dimata hewan seperti ikan,akan terlihat beda,” ungkapnya.*** 

Bagikan: