Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya berawan, 19.9 ° C

KPU Siap Rekapitulasi Nasional

Muhammad Irfan
Pemilu 2019.*/ANTARA
Pemilu 2019.*/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia siap menggelar rekapitulasi suara nasional pada Jumat, 10 Mei 2019. Ini dilakukan setelah proses rekapitulasi pemilihan umum di Wilayah Kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri yang digelar sejak Sabtu, 4 Mei 2019 rampung.

Adapun saat ini sudah ada sekitar lima provinsi yang menyelesaikan proses rekapitulasinya.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, untuk menggelar rekapitulasi nasional, pihaknya akan memanggil provinsi yang telah selesai melakukan rekapitulasi tadi. Nantinya, perwakilan provinsi akan melakukan persentasi hasil rekapitulasi tersebut. 

"Kurang lebih 4 sampai 5 provinsi sudah selesai hari ini, besok mulai rekap dalam negeri," kata Arief di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019.

Arief menegaskan, rekapitulasi manual secara berjenjang, dari tingkat kecamatan, berlanjut ke kabupaten, kemudian provinsi, hingga terakhir di tingkat nasional ini digunakan untuk menetapkan hasil resmi pemilu 2019. Hal tersebut dia katakan untuk menyangkal anggapan sebagian orang yang menyebut hasil Pemilu ditetapkan lewat Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

"Situng ini menjadi alat bantu memberikan informasi dengan cepat. Bagian dari penyediaan informasi yang terbuka, transparan kepada publik. Toh nanti yang (rekapitulasi) manual itu yang dijadikan dasar (penetapan)," kata Arief.

Arief pun mengatakan, dalam proses input data dari scan formulir C1 ke Situng sangat mungkin terjadi kesalahan. Namun demikian, kesalahan tersebut masih bisa diperbaiki.

Siapapun yang menemukan ketidakcocokan antara entry data Situng dengan scan formulir C1, bisa melapor ke KPU untuk kemudian dikoreksi.

"Makanya kalau Anda menemukan kesalahan sekarang, kan itu jadi alat kontrol pihak manapun, KPU, peserta pemilu, kami segera ingatkan agar segera diperbaiki," ucap dia.

Komisioner KPU Ilham Saputra menambahkan, kalau kelima provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi adalah Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Utara, Bali, Kalimantan Tengah. Dia pun mengakui rekapitulasi nasional mundur sehari dikarenakan proses rekapitulasi PPLN yang molor. Dari 130 PPLN yang ada, kemarin KPU merampungkan 129 di antaranya.***

Bagikan: