Pikiran Rakyat
USD Jual 14.099,00 Beli 14.197,00 | Cerah berawan, 20.7 ° C

Tidak Mendukung TP-PKK, Lurah Terancam Dimutasikan

Tim Pikiran Rakyat
null
null

SERANG, (PR).- Wali Kota Serang Syafrudin ancam mutasi Kepala Lurah Kota Serang apabila tidak mendukung program Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) baik secara pemberdayaan maupun secara anggaran. 

Menurutnya, dukungan untuk TP-PKK ini perlu dilakukan, karena memiliki peran penting dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat, terutama keluarga. Karena ini berkaitan dengan kewenangan Lurah dalam mengelola dana yang dikucurkan oleh pusat.

"Memang kaitannya dengan Lurah, jadi Lurah itu harus membantu PKK tingkat kelurahan. Karena dana kelurahan sebesar Rp 370 juta dari pusat itu harus disisihkan untuk PKK. Kalau sampai Lurah tidak bisa membantu laju gerak ibu-ibu PKK di tingkat kelurahan. Saya atas nama Wali Kota Serang akan langsung memutasi,” ujarnya, di acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tingkat Kota Serang, di Halaman Kantor TP-PKK Kota Serang, Jumat 3/ Mei 2019.

Syafrudin mengatakan, TP-PKK tingkat kelurahan sangat berperan penting dalam program kerjanya. Karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti kasus gizi buruk dan kekerasan, serta persoalan sosial lainnya yang terjadi di masyarakat.

“PKK itu bukan tingkat kota saja, tapi tingkat kelurahan kegiatannya lebih signifikan dibanding di tingkat kota. Karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Disitu ada masyarakat miskin, ada masyarakat gizi buruk, kemudian juga ada sisi-sisi sosial yang lain. Jadi keberadaan lingkungan bersih, kemudian infrastruktur. PKK juga akan lebih berperan di sisi-sisi itu,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Rizki Putri.

Ia mengakui secara regulasi tidak ada yang mengatur perihal Lurah mendukung program TP-PKK. Akan tetapi, kata Syafrudin, Lurah harus memiliki inisiatif dalam melihat persoalan sosial di lingkungannya. 

“Kalau secara regulasi memang tidak ada. Hanya saja kami melihat Lurah itu harus punya inovasi dan inisiatif sendiri. Kemudian kepeduliannya juga, karena lurah tidak bisa melangkah sendiri dan melakukannya tanpa bantuan TP-PKK. Tapi dengan kerja sama dengan semua pihak baik PKK maupun organisasi kemasyarakatan di situ itu akan lebih efektif,” ucapnya.

Ia pun menjanjikan untuk memberikan anggaran dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Yang dalam hal ini dipegang oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang. Pihaknya juga akan mengalokasikan dana hibah untuk TP-PKK itu sendiri.

"Pengalokasian anggaran hibah itu dilakukan untuk memotivasi TP-PKK dari tingkat kelurahan hingga kota. Tapi saya belum bisa memprediksi besarannya, nanti kita bahas di TPAD. Insya Allah di anggaran perubahan ini juga akan kami prioritaskan, kalaupun tidak diperubahan di tahun 2020,” tuturnya.***
 

Bagikan: