Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Umumnya cerah, 26 ° C

Wajah Baru Berpeluang Geser Caleg Petahana

Tim Pikiran Rakyat
ILUSTRASI.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT
ILUSTRASI.*/ DOK. PIKIRAN RAKYAT

SERANG, (PR).- Persaingan calon legislatif (caleg) DPR RI dari 3 daerah pemilihan (Dapil) di Banten, diprediksi akan berlangsung ketat. Bahkan, para penantang yang didominasi nama-nama baru bisa saja menggoyang para petahana untuk duduk kembali di Senayan pasca-Pemilu Serentak 2019.

Pengamat politik Untirta Leo Agustino mengatakan, kesempatan para pendatang baru yang menantang petahana untuk merebut kursi DPR RI berpotensi memiliki kans yang besar. Apalagi, pada pemilu kali ini, masyarakat sudah semakin lebih cerdas untuk menentukan pilihan siapa sosok yang bisa mewakili aspirasi mereka di tingkat legislatif secara nasional.

"Kalau melihat trend memang pemilu sekarang, terutama pileg, memang agak unik. Karena bukan hanya pilpres yang menjadi pusat perhatian, masyarakat juga sekarang lebih berhati-hati menentukan pilihan siapa yang calon yang harus mereka pilih," kata Leo kepada wartawan Kabar Banten, Rifat Alhamidi, Senin 22 April 2019.

Terkait potensi caleg-caleg baru yang bisa mengancam petahana, Leo menilai hal itu juga timbul akibat efek pemilihan Presiden. Secara otomatis, kata dia, pilihan politik masyarakat akan lebih selektif terhadap caleg yang dinilai layak dan bisa mewakili aspirasi mereka.

"Masyarakat banyak yang berharap calon legislatif yang baru itu punya visi misi yang dinilai jauh lebih baik dibandingkan petahana. Maka, mereka kemudian memilih calon baru karena dianggap fresh dan bisa memperjuangkan aspirasinya," ujar Leo.

Namun demikian, menurut Leo di dunia politik tidak ada yang tidak mungkin. Para caleg DPR RI yang berstatus petahana bisa saja melenggang kembali ke Senayan. Namun, potensi para penantang yang didominasi nama-nama baru juga punya potensi untuk menggeser nama-nama lama tersebut.

"Di dunia politik tidak ada yang tidak mungkin. Petahana bisa saja maju lagi, atau malah tumbang sama caleg-caleg new comers itu. Apalagi melihat jumlah kursi di 3 dapil Banten yang cukup banyak. Persaingannya juga ketat," tutur pria yang juga menjabat Kepala Prodi Ilmu Pemerintah FISIP Untirta tersebut.***

Bagikan: