Pikiran Rakyat
USD Jual 14.540,00 Beli 14.240,00 | Sedikit awan, 22.2 ° C

Caleg Petahana Banyak yang Lolos, Partai Berkarya Mengejutkan

Tim Pikiran Rakyat
KOTAK suara Pemilu 2019/ANTARA
KOTAK suara Pemilu 2019/ANTARA

CILEGON,(PR).- Sejumlah calon anggota legislatif (caleg) yang mencalonkan kembali (petahana) pada tahun 2019 diprediksikan melenggang ke kursi DPRD Cilegon. Informasi yang berhasil dihimpun dari Dapil I (Cilegon-Cibeber) Partai Golkar menempatkan Subhi dan Erick Airlangga, Gerindra Babay Suhaemi, Nasdem Ahmad Effendi. 

Untuk Dapil 2 (Ciwandan-Citangkil) Golkar atas nama Isro Miraj, PKS Nurottul Uyun, Gerindra Hasbi Sidik. Untuk Dapil  (Grogol-Pulomerak) Golkar Endang Effendi,Abdul Rojak,Nasdem Erick Rebiin, PKS Aam Amarulah, PPP Baehaki Sulaeman. Sementara Dapil 4 (Jombang-Purwakarta) Golkar, Tohir, Demokrat Rahmatullah, Nasdem, Andi Kurniadi, PKS Qoidattul Sitta.

Sementara nama-nama baru yang akan menduduki kursi DPRD Cilegon 2019-2024 Golkar Offan Rangga Kurniawan (Dapil 4), Ayatullah Khomeini dan Mabrury (Dapil 2). Gerindra Gufron (Dapil 4), Berkarya Dimas (Dapil 4), Risma PDIP (Dapil 4). Gerindra Faturohim (Dapil 3), Berkarya Habibi Haliburton (Dapil 3), Berkarya iing Mudakir (Dapil 1), PAN Anugerah Chaerulah (Dapil 1), PAN, Edinson (Dapil 2).

Lembaga Kajian Publik Cilegon (LKPC) Bidang Litbang Juju Juhana ketika dimintai tanggapannya mengenai prediksi banyak caleg yang baru mengatakan, fenomena seperti ini pasti akan muncul saat gelaran pileg yang disertai pilpres 5 tahunan. Apalagi,  partai baru yang seolah ingin menunjukkan ghirohnya dalam meramaikan khazanah perpolitikan dan mampu bersaing dengan partai besar yang sudah lama menjadi kontestan.

“Hampir di setiap partai baru selalu sukses menjadi bagian dalam ajang 5 tahunan ini. Tahun 2014 di Kota Cilegon ada Nasdem yang merupakan partai baru sukses mengantarkan seseorang menjadi legislator. Pemilu tahun ini,kami mendapat informasi partai besutan Tommy Soeharto yang mampu mencuri perhatian publik dan seolah siap bersaing dengan partai lama,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto, Mingu 21 April 2019.

Dia mengatakan, adanya caleg yang baru tentu berimbas pada caleg petahana yang mungkin harus merelakan kursi empuknya kepada caleg baru. Bahkan,info yang didapat, partai baru ini hampir mengisi di setiap dapil. Hal ini tentu jadi perhatian khusus bagi politikus Cilegon. Apalagi, Cilegon akan melaksanakan proses demokrasi pilkada 2020, tentu akan menciptakan sosok baru yang digadang-gadang maju berkontestasi memperebutkan kursi wali kota.

“Penambahan kuota di setiap dapil merupakan peluang bagi para peserta dalam memperebutkan kursi empuk parlemen. Bagi masyarakat awam,ini jadi satu kekhawatiran jika legislator yang baru bukanlah orang yang tepat dalam mengemban amanah, namun itu tergantung pada niatan mereka yang matang dalam berkontestalasi. Apakah tujuan mereka murni ingin melakukan perubahan yang lebih baik atau sekedar mencicipi jabatan dewan ataukah yang lain,” ujarnya.

Masyarakat Cilegon,kata dia, berharap agar siapapun yang dilantik menjadi anggota DPRD Kota Cilegon mendatang benar-benar merealiasisakan janji politiknya saat kampanye. Dan jangan jadikan amanah tersebut sebagai profit oriented apalagi untuk balik modal.***

Bagikan: