Pikiran Rakyat
USD Jual 14.616,00 Beli 14.316,00 | Cerah berawan, 26.4 ° C

Gelombang Pantai Selatan Mencapai 4-6 Meter, Nelayan dan Pengunjung Harus Waspada

Eviyanti
GELOMBANG tinggi.*/DOK. PR
GELOMBANG tinggi.*/DOK. PR

CILACAP, (PR).-  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat dan nelayan di pesisir pantai selatan untuk  mewaspadai cuaca  ekstrem. Bahkan, tinggi gelombang di pesisir pantai selatan Cilacap sudah mencapai tinggi di atas empat meter.

Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng-DIY. Gelombang tinggi di perairan tersebut maksimal bisa mencapai enam meter dan kecepatan 20 knot.

Kepala BPBD Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy, mengatakan, pihaknya mengingatkan masyarakat dan para camat untuk meningkatkan kewaspadaanya terkait dengan gelombang tinggi. "Kami selalu mengingatkan unit pelaksana teknis dan  para camat di wilayah selatan agar waspada dengan potensi gelombang tinggi," katanya pada Rabu, 17 April 2019.

Nelayan dan pengunjung pantai harus waspada

Berdasarkan laporan, tinggi gelombang di pesisir pantai selatan Cilacap sedang tinggi mencapai di atas empat meter, "Kami  meminta masyarakat nelayan untuk selalu waspada. Update informasi terkini dari BMKG penting, sebagai bentuk kewaspadaan dan jaga-jaga  terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi," tambahnya.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Nurmaya, mengatakan, peringaan dini telah dikeluarkan oleh stasiun BMKG Cilacap. Gelombang yang mencapai enam meter dan kecepatan angin hingga 20 knot akan membahayakan bagi nelayan maupun pengunjung pantai.

"Laut selatan antara Cilacap sedang tidak kondusif, ketinggian gelombang di tengah laut  mencapai enam meter, dan di pantai maksimal empat meter," jelas Nurmaya.

Nelayan diminta untuk meningkatkan kewaspaan ketika melaut. Sementara, para pengunjung pantai juga diberi peringatan untuk berhati-hati.***

Bagikan: