Pikiran Rakyat
USD Jual 14.425,00 Beli 14.125,00 | Umumnya berawan, 17.7 ° C

TPS-TPS Unik Pemilu 2019, dari Superhero hingga Pesta Pernikahan

Siska Nirmala
PETUGAS KPPS berkostum spiderman membantu warga untuk menyelupkan jarinya ke tinta usai memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema super hero di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 17 April 2019.*/ANTARA
PETUGAS KPPS berkostum spiderman membantu warga untuk menyelupkan jarinya ke tinta usai memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema super hero di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 17 April 2019.*/ANTARA

PEMUNGUTAN suara Pemilu 2019 berlangsung serentak di seluruh daerah di Indonesia pada Rabu, 17 April 2019 ini. Berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) di berbagai daerah di Indonesia tampil semenarik mungkin untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, sekaligus memeriahkan pesta demokrasi.

Berikut adalah beberapa TPS-TPS unik pada Pemilu 2019 ini, di berbagai daerah di Indonesia:
 

1. TPS Superhero

Thor terlihat sibuk di balik meja membagikan surat suara pada warga yang sudah berdatangan ke TPS 5 Pondok Benowo Indah, Surabaya, Jawa Timur. Sementara itu Batman membantu warga yang sudah mencoblos untuk memasukkan surat suara ke kotak suara yang tepat. Adapun Captain America terlihat membantu menjemput warga yang membutuhkan pertolongan untuk datang ke TPS. 

TPS 5 memang mengangkat tema superhero untuk Pemilu 2019 ini. Petugas berpakaian layaknya pahlawan super untuk membantu warga menyalurkan hak suaranya. Tidak lupa, ketika mencelupkan jari ke tinta, ada spiderman yang siap membantu.

Superhero juga menjadi tema yang diangkat oleh TPS 10 Banjar Ubung Sempidi, Mengwi, Badung, Bali. Karakter superhero yang mayoritas merupakan superhero Marvel seperti Captain America, Iron Man, hingga Captain Marvel menghiasi sudut-sudut TPS.

Sejumlah warga juga bahkan mengenakan kostum "superhero", seperti Spiderman dan Thor saat menggunakan hak suaranya. 

PETUGAS KPPS berkostum super hero menunggu warga memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 17 April 2019.*/ANTARA

 

2. Nyoblos di Becak

Warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kampung Cinderejo, Solo, Jawa Tengah ramai-ramai mencoblos di becak. TPS ini menggunakan becak untuk menyimpan bilik suara, sehingga warga yang akan mencoblos akan berada di balik becak.

Tidak hanya untuk bilik suara, becak juga digunakan untuk tempat duduk petugas TPS. Bahkan beberapa petugas juga menggunakan pakaian khas penarik becak seperti sarung dan juga topi tradisional.

 

WARGA menggunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Kampung Cinderejo, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 17 April 2019. TPS unik bertema Nyoblos di Becak tersebut untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.*/ANTARA

 

3. TPS Resepsi Pernikahan

Pergi ke TPS serasa ke acara resepsi pernikahan, begitulah yang dirasakan warga di Kelurahan Sambiroto, Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di TPS 09, tema yang digunakan adalah resepsi pernikahan. Berbagai dekorasi bunga khas pesta pernikahan menghiasi TPS tersebut. 

Adapun pelaminan yang biasanya diisi oleh pasangan yang berbahagia, diganti menjadi empat bilik suara untuk warga menggunakan hak pilihnya. Pelaminan bilik suara juga tidak luput dari dekorasi khas pesta pernikahan, lengkap dengan patung angsa cantik di depannya. Yang tidak ada di TPS bertema resepsi pernikahan tersebut tentunya tidak ada konsumsi parasmanan yang disajikan, karena ini adalah tempat pemungutan suara.

WARGA melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 di TPS 09 yang berkonsep acara resepsi pernikahan, di Kelurahan Sambiroto, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 17 April 2019.*/ANTARA

4. TPS Budaya Nusantara

Lain halnya lagi dengan TPS 25 Serpong Utara, Tangerang Selatan. Disini, warga mengusung tema budaya nusantara, dan dengan penuh antusias mendatangi TPS dengan berpakaian adat nusantara.

Ada yang berpakaian adat sunda, batak, menggunakan kebaya, ikat tradisional, dan lainnya. Mereka juga tidak lupa mengabadikan momen dengan berswafoto seusai melakukan pemungutan suara. 

Kekompakan dan antusias warga membuat pesta demokrasi di TPS 25 berjalan tertib dan aman.

WARGA yang menggunakan pakaian adat berswafoto usai melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 25 Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 17 April 2019.*/ANTARA

Bagikan: