Pikiran Rakyat
USD Jual 14.150,00 Beli 13.850,00 | Umumnya berawan, 22.8 ° C

Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas, Radius 3 Kilometer agar Dikosongkan

Wilujeng Kharisma
FOTO ilustrasi Gunung Merapa mengeluarkan awan panas.*/DOK. PR
FOTO ilustrasi Gunung Merapa mengeluarkan awan panas.*/DOK. PR

YOGYAKARTA, (PR).- Gunung Merapi kembali terpantau meluncurkan awan panas hari ini.  Hal tersebut dilaporkan oleh BPPTKG melalui akun Twitter resminya pada Rabu 17 April 2019.

Dalam laporannya, BPPTKG menyebutkan aktivitas Gunung Merapi kembali terlihat. BPPTKG menyebutkan adanya awan panas guguran pada pukul 02.00 wib dini hari.

Awan panas teramati 1 kali dengan durasi 114 detik dan jarak luncur kurang lebih 1100 meter ke arah Tenggara, Kali Gendol. BPPTKG menetapkan status Gunung Merapi pada Level Waspada sejak 21 Mei 2018.

Beberapa rekomendasi BPPTKG terkait aktivitas Gunung Merapi adalah masyarakat, khususnya yang berada di Kawasan Rawan Bencana III, diimbau tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, serta selalu mengikuti informasi aktivitas Merapi.

Pada Radius 3 km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi Gunung Merapi saat ini. Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.***

Bagikan: