Pikiran Rakyat
USD Jual 14.616,00 Beli 14.316,00 | Badai petir, 26.4 ° C

Ribuan Anak Sekolah Giginya Rusak

Tim Pikiran Rakyat
FOTO ilustrasi gigi rusak.*/DOK. PR
FOTO ilustrasi gigi rusak.*/DOK. PR

CILEGON, (PR).- Sebanyak 85 persen atau sekitar 2 ribu anak sekolah dasar di Kota Cilegon giginya rusak, entah bolong, carres dan lainnya. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Cilegon,dr. Arriadna di sela-sela kegiatan gebyar anak sehat di rumah dinas Wali kota Cilegon, Rabu 10 April 2019.

“Untuk presentase ada 85 persen anak usia sekolah dasar giginya rusak, pemicunya adalah jajanan yang mengandung gula dan minimnya pengetahuan orang tua terhadap kesehatan gigi,” katanya kepada wartawan Kabar Banten, Himawan Sutanto.

Dia mengatakan, selain gigi yang rusak, sebanyak 5% anak-anak sekolah di Kota Cilegon, sudah menggunakan kacamata, yang biasanya diakibatkan karena jarak membaca atau pengguna gadget dan komputer. Hal  itu dipicu ketidaktahuan orangtua dan anak tersebut. Selain itu sekitar 23 persen anak mempunyai ketidakseimbangan gizi.

"Normalnya jarak pandangan untuk membaca itu 30 cm, dan pemakaian komputer yang ada radiasinya, harus dibatasi, atau ada penghalang guna meredam radiasi tersebut," ujarnya.

Selama ini, kata dia, peran guru dan orangtua sangat besar dalam mengawasi jarak pandang anak-anak, yang sedang membaca buku atau menggunakan komputer. "Kekuatan mata setiap anak - anak itu berbeda, jadi kalau dia rentan maka dia akan mudah visus atau gangguan penglihatan jadi dia harus menggunakan kacamata sejak usia masih kecil. Untuk itu awasi penggunaan gadget atau komputer serta makan buah dan sayur secara seimbang,” tuturnya.*** 
 

Bagikan: