Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian berawan, 22.3 ° C

Penumpang Jakarta dan Bandung Dominasi Pembelian Tiket Mudik

Eviyanti
ILUSTRASI kereta api mudik.*/DOK.KABAR BANTEN
ILUSTRASI kereta api mudik.*/DOK.KABAR BANTEN

PURWOKERTO, (PR).- Tiket  mudik mulai H-10 hingga  H-1 Lebaran, masih didominasi oleh calon penumpang dari Jakarta/Bandung menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Termasuk calon penumpangkereta api dari Jakarta/Bandung yang berakhir di Daerah operasi (Daop)  5 Purwokerto.

"Dari pantauan kami, penjualan sampai  5 April 2019, arus mudik yang ramai dipesan masih dari arah Jakarta-Bandung menuju ke Jawa tengah dan Jawa Timur dan sebaliknya untuk arus balik ketera api  dari arah timur menuju Jakarta/ Bandung," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Minggu 7 April 2019.

PT KAI menambah KA-KA dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat di antaranya adalah dari keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya. 

Supriyanto menambahkan, PT KAI sudah mulai  menjual tiket 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2018 pukul 00.01 WIB.

Jumlah seat pada KA tambahan sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Seat tersebut dijual mulai 6 April dini hari. Jumlah tersebut meningkat 8% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan.

Supriyanto menambahkan,  untuk KA pemberangkatan dari Daop 5, ke  arah Jakarta/Bandung mulai  26 Mei-6 Juni 2019 masih tersedia.

Sebaliknya  untuk tiket KA Logawa tujuan Surabaya-Jember mulai 30  Mei - 15 Juni sudah terjual habis. KA untuk keberangkatan  7-16 Juni 2019 untuk  Kutojaya Selatan Lebaran masih tersedia, sedangkan. Sedangkan KA Joglosemarkerto dan KA Wijayakusuma, masih belum dibuka penjualannya.

Kepada warga yang belum mendapatkan tiket, dia mengusulkan menggunakan tiket terusan.  Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, alternatifnya memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo tiketnya relatif masih banyak. 

Atau menggunakan rute  kereta persambungan, misalnya dari Jakarta – Cirebon lalu Cirebon – Solo. "Pastikan dulu waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit," jelasnya. 

Meskipun ketersediaan beberapa KA keberangkatan Daop 5 masih ada, KAI meminta agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari untuk mendapatkan kepastian tiket perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.***

Bagikan: