Pikiran Rakyat
USD Jual 14.280,00 Beli 14.182,00 | Sebagian cerah, 26.1 ° C

Polres Kebumen Merenovasi Sejumlah Tempat Ibadah

Eviyanti
RENOVASI tempat ibadah melibatkan personel Sat Binmas, Polsek, Koramil  petugas Kecamatan Rowokele dan warga sekitar.*/EVIYANTI/PR
RENOVASI tempat ibadah melibatkan personel Sat Binmas, Polsek, Koramil petugas Kecamatan Rowokele dan warga sekitar.*/EVIYANTI/PR

KEBUMEN, (PR).- Jajaran Polres Kebumen Jawa Tengah merenovasi di sejumlah rumah peribadatan, masjid, gereja, pura dan vihara yang kurang terpelihara. Sebagian rumah beribadah tersebut berada di wilayah yang pelosok.

Sekitar belasan aparat dari satuan Binmas Polres Kebumen yang diterjunkan untuk   renovasi di rumah ibadah umat Budha di Vihara Giri Pura, Desa Giyanti Kecamatan Rowokele, sejak Jumat 29 Maret 2019.

Renovasi juga melibatkan personel Sat Binmas, Polsek, Koramil  petugas Kecamatan Rowokele dan warga sekitar gotong-royong merenovasi Vihara yang letaknya terpencil.

"Rumah peribadatan letaknya sangat terpencil sehingga tidak terurus," kata Kasat Binmas AKP Yusuf, sebagai Ketua Tim, renovasi 

Sasaran renovasi kali ini adalah  rumah ibadah umat Budha, bangunan  sudah tidak layak untul tempat peribadatan. Pihaknya menambal plafon gypsum bolong, lisplang mulai rapuh, dan cat tembok sudah kusam," kata AKP Yusuf.

Pihaknya menargetkan  dua hari renovasi akan rampung. Serta yang terakhir kita berikan Al Kitab umat Budha," jelas AKP Yusuf di sela-sela kegiatan.

Sebelumnya,  renovasi dilakukan di  salah satu masjid, yakni Masjid AD Daldiri Kompleks Ponpes Al Daldiri Desa Purwodadi Kecamatan Kuwarasan.

Sat Binmas selain melakukan pengecatan, juga membagikan cat tembok, karpet untuk salat, kitab Alquran dan Buku Yasin kepada pengurus masjid.

Romo Warsono (38) selaku ketua Vihara mengaku terimakasih dan menyambut baik bantuan dari Polres Kebumen itu.

"Vihara kami terakhir direnovasi pada tahun 2007. Kami sangat berterimakasih sekali, kami yang berada di wilayah terpencil tetap diperhatian Polres Kebumen," katanya.

Di wilayah Kebumen terdapat 16 Vihara. Namun kondisi yang perlu dilakukan renovasi adalah Vihara Giri Pura, Desa Giyanti Kecamatan Rowokele. Di desa tersebut, ada 170 warga masyarakat dari 1683 warga memeluk agama Budha.***

Bagikan: