Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Umumnya berawan, 29 ° C

Pratinjau Debat Pilpres 2019 Keempat, Prabowo Bakal Tampil Rileks

Muhammad Irfan
CALON presiden Prabowo Subianto menghadiri kampanye rapat umum yang dihadiri pendukung di Stadion SIDOLIG, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis 28 Maret 2019. Kampanye itu juga dihadiri sejumlah pimpinan partai pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.*/ADE BAYU INDRA/PR
CALON presiden Prabowo Subianto menghadiri kampanye rapat umum yang dihadiri pendukung di Stadion SIDOLIG, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis 28 Maret 2019. Kampanye itu juga dihadiri sejumlah pimpinan partai pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.*/ADE BAYU INDRA/PR

JAKARTA, (PR).- Dua Calon Presiden Republik Indonesia akan kembali berhadapan di panggung debat, Sabtu, 30 Maret 2019. Dalam debat putaran keempat yang akan digelar di Hotel Shangri La Jakarta tepat pukul 20.00 WIB itu, dua kandidat akan menyampaikan sejumlah gagasan dan menjawab pertanyaan seputar isu ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Sudirman Said memastikan Prabowo akan tampil elegan di debat keempat nanti. Tidak berbeda dengan penampilannya di dua debat sebelumnya, Prabowo disebut tak akan tampil menyerang dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan tricky untuk menjebak lawan seperti yang sering dilakukan oleh kubu rivalnya dalam tiga debat terakhir.

"Pak Prabowo merasa yakin kalau debat itu bukan menjatuhkan lawan tapi memberikan penjelasan kepada publik. Beliau sangat rileks, rakyat bisa lihat kan yang tricky siapa? Itu bukan kualitas yang ditunggu oleh rakyat, yang ditunggu adalah pikiran besar," kata Sudirman.

Menurut Sudirman, tema debat yang akan diusung pada debat kedua ini merupakan isu yang selama ini banyak menjadi fokus Prabowo. Ideologi, sebagai seorang nasionalis, Prabowo tentu tak diragukan lagi. Sementara di isu hubungan luar negeri Prabowo juga punya gagasan-gagasan bagus. "Ini sudah ada di visi misi kami dan tugas kita juga tidak berat karena apa yang akan disampaikan sudah ada di kepala beliau," ucap dia.

Sudirman juga menyoroti sejumlah kegagalan yang dinilai telah terjadi di pemerintahan saat ini. Dalam isu pemerintahan misalnya, banyak pejabat daerah yang ditangkap karena isu korupsi. Di dalam hubungan internasional, banyak juga forum internasional yang ditinggalkan dan membuat kepemimpinan Indonesia di ASEAN menurun. "Padahal kita diharapkan jadi ketua kelas di ASEAN, dan peran di regional itu membuat kita dihargai di mata dunia," ucap dia.

Di bidang pertahanan keamanan Prabowo juga dikenal paham dalam masalah militer Indonesia. Pihaknya pun akan menegaskan komitmen pihaknya dalam menegakan Pancasila untuk menjawab tudingan sebagian pihak yang menyebut kubunya akrab dengan ide-ide khilafah. "Kita fokus pada perbaikan ekonomi, keadilan sosial, buat kita ideologi selesai. Jangan lagi dipertentangkan antara agama dengan Pancasila," ucap dia.***

Bagikan: