Pikiran Rakyat
USD Jual 14.185,00 Beli 13.885,00 | Umumnya berawan, 21.4 ° C

Jokowi Kampanye di Serang, Nyanyikan Lagu Jujur Milik Radja dan Lawan Hoaks

Yusuf Wijanarko
CALON presiden Joko Widodo berorasi dalam kampanye terbuka di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Minggu 24 Maret 2019. Dalam kampanye yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan sejumlah parpol pengusungnya, Jokowi menyatakan dia optimistis bisa memenangi suara secara telak dalam pemilihan presiden mendatang.*/ANTARA
CALON presiden Joko Widodo berorasi dalam kampanye terbuka di Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten, Minggu 24 Maret 2019. Dalam kampanye yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan sejumlah parpol pengusungnya, Jokowi menyatakan dia optimistis bisa memenangi suara secara telak dalam pemilihan presiden mendatang.*/ANTARA

SERANG, (PR).- Calon presiden Jokowi (Joko Widodo) menyapa ribuan pendukung dan simpatisannya yang memadati Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, dalam putaran kampanye rapat umum di Banten, Minggu 24 Maret 2019.

Dengan mengenakan kemeja putih, Jokowi menyampaikan orasi politiknya di hadapan para pendukung yang datang dari sejumlah daerah di Banten seperti Tangerang, Lebak, Pandeglang, Cilegon, dan Kabupaten/kota Serang.

Dengan dimeriahkan grup band Radja, Jokowi juga diajak bernyanyi bersama di atas panggung dengan lirik lagu "Jujur" dari Radja yang diubah menjadi lagu ajakan untuk memilih capres nomor urut 01.

Antara melaporkan, dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengatakan, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan beraneka ragam yang harus dijaga persatuan dan kesatuannya.

"Potensi yang besar dan beranekaragam ini harus kita perlihara, harus kita jaga dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi.

CALON presiden Joko Widodo.*/ANTARA

Menurut dia, Provinsi Banten termasuk daerah yang besar dan memiliki potensi bagus karena telah melahirkan ulama-ulama besar, salah satunya Ma'ruf Amin yang sekarang menjadi calon wakil presiden.

"Pak Kiai Ma'ruf Amin adalah kiai yang juga ahli ekonomi syariah, beliau paham tentang ekonomi, paham stratup, unicorn, dan juga merupakan Ketua Umum MUI. Ini akan menjadikan keharmonisan ulama dan umaro," kata Jokowi yang disambut teriakan "hidup Jokowi" dan tepuk tangan para pendukungnya.

Jokowi yang didampingi sejumlah pimpinan partai politik pendukung serta TKN, dalam kesempatan tersebut mengenalkan tiga kartu yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat Indonesia yakni KIP Kuliah, Kartu Pra Kerja, serta Kartu Sembako Murah.

"Untuk ibu-ibu ada Kartu Sembako Murah, nanti kalau ibu-ibu beli sembako murah dengan kartu ini akan diberikan diskon besar-besaran," kata Jokowi sambil mengacungkan contoh Kartu Sembako Murah.

Hoaks daring dan luring

Jokowi juga mengajak para pendukung dan simpatisannya mengantisipasi hoaks, baik yang beredar di media sosial maupun dari rumah ke rumah. "Kita harus melawan hoaks yang beredar di media sosial maupun rumah ke rumah," kata dia.

Di antara hoaks yang beredar, kata dia, ada yang menyebut bahwa kalau Jokowi menang, perkawinan sejenis akan dilegalkan, adzan akan dilarang, serta perzinahan akan dilegalkan.

"Itu adalah hoaks yang harus kita lawan, siap lawan hoaks, siap lawan hoaks," seru Jokowi.

Pada akhir orasi politiknya, Jokowi mengingatkan para pendukungnya agar tanggal 17 Arpil 2019 datang ke TPS dan mencoblos gambar di kertas suara calon presiden dan calon wakil presiden yang memakai baju putih.

"Jangan lupa pilih yang baju putih, karena putih adalah kita," kata Jokowi sambil melakukan simulasi pencoblosan kertas suara capres dan cawapres nomor urut 01.***

Bagikan: