Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Sebagian cerah, 23.2 ° C

Prabowo dan Sandiaga Uno Tak Seprovinsi Saat Kampanye Rapat Umum

Muhammad Irfan
CALON presiden Prabowo Subianto menyapa warga usai salat Jumat di masjid Raya Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat 8 Maret 2019.*/DOK. PR
CALON presiden Prabowo Subianto menyapa warga usai salat Jumat di masjid Raya Jawa Barat, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat 8 Maret 2019.*/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Sandiaga Uno tak akan berada di satu provinsi yang sama selama pelaksanaan kampanye rapat umum yang dimulai 24 Maret 2019.

Juru Bicara Badan Pemanangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengatakan Prabowo akan memulai titik kampanyenya di Makassar.

Andre mengatakan, Makassar dipilih karena Prabowo belum pernah melakukan kampanye akbar di sana. Selain itu, Prabowo juga kalah di Sulawesi Selatan pada Pilpres 2014. Dia berharap langkah ini akan mengubah raihan suara Prabowo di sana.

“Harapannya, dukungan untuk Prabowo di wilayah itu akan berbalik pada Pilpres 2019 ini,” kata Andre di Jakarta, Kamis 21 Maret 2019.

CALON Wakil Presiden nomor 02 Sandiaga Uno memberi salam kepada santri yang relawan begitu sampai di Pondok Pesantren Darussalam, di Dewasari, Kecamtan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jumat, 8 Maret 2019. Kehadiran wakil presiden pasangan capres Prabowo Subianto itu dalam rangka kunjungan ke wilayah Priangan.*/NURHANDOKO/PR

Titik terakhir yang direncanakan adalah Kota Tangerang karena kampanye terakhir berbarengan dengan jadwal debat capres terakhir yang akan digelar di Jakarta. Menurut Andre, Tangerang dan Jakarta tidak terlalu jauh sehingga Prabowo bisa mengejar agenda debat pada hari itu.

“Beliau akan keliling Indonesia berbagi wilayah dengan Bang Sandi," ujar Andre.

Menangani Jawa Tengah dan Jawa Timur

Selain berupaya membalikkan suara di Makassar, selama masa kampanye rapat umum, Prabowo juga direncanakan akan bolak-balik di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sama seperti alasan Makassar, strategi ini dijalankan untuk mempertipis ketertinggalan suara di daerah itu.

"Karena memang kami ingin mengejar (membalikkan) kekalahan di Jateng dan berharap bisa menang di Jatim," kata Andre.

Prabowo, Sandiaga Uno, dan para juru kampanye akan berbagi lokasi kampanye rapat umum.

"Ada yang Pak Prabowo datang, ada Pak Sandi datang, ada jurkamnas yang datang. Jadi ada tiga hal dalam kampanye akbar ini karena tidak semua daerah bisa didatangi," kata Andre.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menuturkan, sebelum berangkat, Prabowo- Sandiaga Uno juga akan menggelar pertemuan dengan ketua umum partai politik, ulama, dan tokoh nasional. Pertemuan tersebut akan digelar di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu 23 Maret 2019 malam.

"Tanggal 23 malam, Pak Pabowo dan Sandiaga Uno akan mengumpulkan pimpinan partai koalisi, para ulama, dan tokoh nasional untuk berkumpul berdoa sambil mendengarkan nasihat dan wejangan mereka sebelum kampanye terbuka dimulai," ujar Muzani.

Dia menyebut, kampanye keduanya akan digelar sebagai pesta rakyat. “Mungkin akan bertemu di titik-titik tertentu dan kampanye ini akan kami jadikan sebagai sebuah pesta bagi lebaran rakyat di setiap kampanye. Kesederhanaan dan kesejajaran akan menjadi ciri dalam kampanye kami," ucapnya.***

Bagikan: