Pikiran Rakyat
USD Jual 14.279,00 Beli 14.181,00 | Sebagian berawan, 20.2 ° C

Diplomasi Basket Solidkan Komitmen Demokrat pada Prabowo-Sandi

Muhammad Irfan
CAWAPRES nomor urut 2, Sandiaga Uno bertukar kaos jersey basket dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat bertanding basket di Lapangan Tenis Bulungan, Hang Tuah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 17 Maret 2019 pagi.*/MUHAMAD IRFAN/PR
CAWAPRES nomor urut 2, Sandiaga Uno bertukar kaos jersey basket dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono saat bertanding basket di Lapangan Tenis Bulungan, Hang Tuah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 17 Maret 2019 pagi.*/MUHAMAD IRFAN/PR

POSISI Demokrat dalam Pilpres 2019 kerap dipertanyakan. Bukan hanya karena partai berlambang bintang mercy ini menentukan pilihan di detik-detik akhir pendaftaran tetapi juga karena ada anggapan ketidaktegasan elite Demokrat pada Pilpres 2019. Namun ini sebatas sangkaan. Buktinya? Demokrat masih solid di barisan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal ini salah satunya ditunjukkan lewat kegiatan olahraga bareng yang dilakukan antara Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno dengan Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Bagai berdiplomasi, keduanya tampak seru berkegiatan bersama mulai dari lari pagi sampai tanding basket.

"Saya senang sekali kita berdua bisa olahraga bareng. Mudah-mudahan kebersamaan ini selalu jadi hal yang baik," kata pria yang akrab disapa AHY itu di Lapangan Tenis Bulungan, Hang Tuah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu, 17 Maret 2019 pagi.
 

AHY tak menampik kalau keduanya baru kali ini beraktivitas bersama secara rapat. Namun meski begitu, AHY menilai ada chemistry antara dirinya dengan Sandi. Kegiatan seperti ini pun diharapkan bisa menjadi motivasi buat anak-anak muda, bahwa jalur politik itu baik. “Politik itu bisa menyenangkan dan edukatif," ucap dia.

Untuk debat cawapres yang akan digelar Minggu malam, AHY pun memberikan rekomendasi dari Partai Demokrat kepada Sandi. Meski tak menyebutnya secara rinci, AHY memastikan telah menitipkan sejumlah gagasan yang nanti akan disampaikan Sandi di panggung debat ketiga.

"Nanti malam Mas Sandi akan tampil pada debat, dan saya menitipkan pesan dari Partai Demokrat mengenai gagasan baru Indonesia ke depan. Good luck debatnya nanti malam, Mas," ujar AHY kepada Sandi.

Sementara itu Sandi tak menampik kalau ada masukan untuk sesi diskusi yang akan digelar malam ini. Menurut dia, AHY dan dirinya berdiskusi tentang bagaimana kesehatan mesti dijaga sebagai bagian dari langkah pengurangan biaya kesehatan.

“Banyak sekali masukan dari Mas AHY tadi. Olahraga yang rutin, ternyata Mas AHY juga rutin berolahraga bukan hanya pas basket tapi juga ada fitness dan lain sebagainya," kata Sandi.

Dia pun berharap pertemuan lewat olahraga ini jadi kebersamaan yang baik ke depan. Dia menilai pada dasarnya politik dapat dijadikan ajang untuk silaturahmi dan menyenangkan. Serupa dengan basket, kata Sandi, politik adalah kerjasama yang baik demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

"Saya ada beberapa assist (ke) Mas Agus waktu (mencetak) skor. Dan ini bagian daripada konsep politik kita itu team work, kita harus bekerja sama. Karena negeri ini kalau kita bersatu, berpadu, dan tokoh-tokoh muda politisi mudanya bisa sama-sama menitipkan optimisme buat bangsa ini. Insya Allah bangsa ini akan menjadi bangsa yang adil dan makmur," ucap Sandi.***

Bagikan: