Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian berawan, 19.7 ° C

Kendaraan Dinas Wali Kota Serang Rp 1.625.000.000

Tim Pikiran Rakyat
TOYOTA Land Cruiser Prado.*/DOK. TOYOTA
TOYOTA Land Cruiser Prado.*/DOK. TOYOTA

SERANG, (PR).- Wali Kota Serang Syafrudin miliki kendaraan dinas (randis) baru berupa Toyota Land Cruiser Prado seharga Rp 1.625.000.000 dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang. 

Kepala Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) Kota Serang Nopriadi Eka mengatakan pengadaan randis itu menggunakan Pagu anggaran Rp 2,4 miliar dengan HPS (Harga Pasar Setempat) Rp 2.129.092.500 dan nilai kontrak Rp 1.625.000.000. "Sudah (ada), Land Cruiser Prado, datang barangnya beberapa hari lalu saya lupa tanggalnya" kata Nopriadi saat dihubungi wartawan Kabar Banten, Masykur Ridho, Jumat 15 Maret 2019.

Ia mengatakan, selain Land Cruiser Prado warna hitam milik Wali Kota Serang Syafrudin, akan kembali ada pengadaan randis untuk Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin. Namun, usulan pengadaannya belum masuk. "Nanti ada randis pak Wakil Wali Kota, tapi usulannya belum masuk ke kami, kalau randis pimpinan dewan saya belum tahu," ucapnya. 

Menanggapi hal itu, akademisi Unsera Abdul Malik mengatakan, randis untuk Wali Kota diperbolehkan, tetapi randis tersebut harus mampu menunjang kinerja Wali Kota lebih giat lagi dalam menciptakan Kota Serang sesuai visi-misinya. "Artinya randis yang mahal itu harus bisa menunjang kinerja Wali Kota, bukan untuk gagah-gagahan, kan seperri itu, selama diperbolahkan di anggaran kenapa tidak kan," kata Abdul. 

Selain itu, kata dia, anggaran yang cukup besar untuk pengadaan randis itu jangan sampai berpengaruh terhadap anggaran lain yang berhubungan dengan masyarakat. Terlebih, Kota Serang masih dihantui dengan adanya gizi buruk dan persoalan lainnya. "Intinya selama itu menunjang kinerja kan pantas saja Wali Kota memiliki kendaraan dinas baru. Tapi jangan sampai yang lain terabaikan," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, DPRD Kota Serang menyoroti alokasi anggaran untuk pengadaan kendaraan dinas (randis) Wali Kota Serang terpilih, Syafrudin. Menurut Ketua Komisi I DPRD Kota Serang, Wahyu Papat JR, anggaran Rp 1,8 miliar tersebut fantastis. "Anggaran itu terlalu besar, sedangkan kebutuhan masyarakat masih banyak,” ujar Papat.***

Bagikan: