Pikiran Rakyat
USD Jual 14.628,00 Beli 14.328,00 | Sebagian berawan, 19.7 ° C

BPN: Parpol Harus Transparan

Muhammad Irfan
DAHNIL ANZAR SIMANJUNTAK.*/INSTAGRAM
DAHNIL ANZAR SIMANJUNTAK.*/INSTAGRAM

 

JAKARTA, (PR).- Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Azhar Simanjutak menilai perlunya akuntabilitas dan transparansi partai politik kepada publik. Hal ini dikatakan Dahnil menanggapi kabar ditangkapnya Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Romahurmudzy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi di Surabaya, Jumat, 15 Maret 2019.

Menurut Dahnil, cara yang paling ideal dalam menekan potensi korupsi di parpol adalah dengan menaikkan anggaran untuk parpol itu sendiri. Hal ini dinilai penting agar elite parpol tidak mencari sumber pendanaan bagi partainya lewat cara-cara yang haram.

“Sejak debat pertama Pak Prabowo sudah mengajukan itu. Idealnya untuk meminimalisir korupsi ya parpolnya perlu dibiayai negara. Kasus ini memperkuat urgensi parpol harus akuntabel dan transparan,” kata Dahnil di Media Centre Prabowo-Sandi, Jumat, 15 Maret 2019. 

Meski demikian, kalau negara mau menaikkan anggaran untuk parpol tentu hukuman bagi parpol yang tetap melakukan tindak pidana korupsi haruslah keras. Ini dilakukan agar demokrasi di Indonesia tetap berjalan baik.

“Kalau masih korupsi partai itu harus bersedia dibubarkan. Kasus ini harus jadi pembelajaran bagi semua pihak bahwa ada potensi korupsi yang besar di banyak kelompok,” ucap dia.

Dahnil pun mengaku enggan mengaitkan kasus ini dengan keuntungan elektoral yang mungkin bisa diraup oleh pihaknya. Mengingat PPP adalah salah satu partai pengusung rival Prabowo-Sandi yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Menurutnya, dia malah ikut prihatin atas kasus yang menimpa pria yang akrab disapa Romy itu.

“Saya enggak tahu ya (keuntungan elektoral) tapi masyarakat kan bisa menilai sendiri. Partai mana pun bisa mengamalami itu, yang jelas kami prihatin apa yang dialami TKN dan mudah-mudahan bisa menyelesaikan sesegera mungkin dan menjelaskan sumber dana kampanye yang terang dan jelas,” ucap dia.

Sementara di kubunya, akan terus berusaha transparan dan akuntabel pada setiap pemasukan dan pengeluaran. Hal ini sudah dilakukan di antaranya lewat laporan dana kampanye yang selalu diumumkan secara berkala.

“Pak Prabowo dan Bang Sandi sudah melakukannya, sumber dana jelas. Itulah bingkai yang mau kita bangun, hulunya itu parpol harus bersih, akuntabel, dan transparan,” ucap dia.***

Bagikan: