Pikiran Rakyat
USD Jual 14.286,00 Beli 13.986,00 | Umumnya berawan, 23.2 ° C

Kepala Desa Harus Netral

Eviyanti
null
null

PURBALINGGA, (PR).- Sebanyak 184 kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah diingatkan untuk  netral dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Hal tersebut disampaikan   Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui surat yang ditujukan kepada  Plt  Bupati Purbalingga. 

Imbauan netralitas pada Pemilu 2019 ditujukan kepada Kades terpilih diharapkan  disampaikan plt Bupati kepada 184 kades terpilih. "Kami berharap pesan  untuk menjaga netralitas disampaikan kepada para Kades," ujar Ketua Bawaslu Purbalingga, Imam Nurhakim, Rabu 13 Maret 2019. 

Imbauan tersebut sangat penting, karena sebanyak 184 Kades terpilih sudah dilantik dan mereka harus diingatkan untuk menjaga netralitas. "Karena pascadilantik mereka sudah resmi menjabat sebagai kades, maka segera aturan sudah mengikat, termasuk kewajiban untuk tidak memihak kepada calon atau pun partai politik mana pun," kata  Imam Nurhakim.

Kades terpilih juga diingatkan untuk sementara untuk tidak membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan, atau merugikan salah satu peserta pemilu selama masa kampanye.

Para kades terpilih juga dilarang menjadi pengurus partai politik dan ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum. Sebab ancaman pidananya sudah cukup jelas, untuk semua pelanggaran tersebut.

Merujuk pada Undang-Undang nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum,  bahwa setiap kepala desa yang dengan sengaja membuat keputusan dan/atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu dalam masa kampanye, dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun, dan denda paling banyak Rp12 juta.***

Bagikan: