Pikiran Rakyat
USD Jual 14.353,00 Beli 14.053,00 | Sedikit awan, 20.4 ° C

KPU Perlu Sosialisasikan PKPU Nomor 3 Tahun 2019

Muhammad Ashari
Pemilu 2019/DOK. PR
Pemilu 2019/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta KPU (Komisi Pemilihan Umum) melakukan sosialisasi secara intensif terkait aturan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019.

Aturan pemungutan dan penghitungan itu tercantung dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2019.

Bambang Soesatyo mengatakan, KPU dan KPUD hendaknya sudah mulai melakukan sosialisasi secara masif kepada pemangku kepentingan pemilu terkait PKPU Nomor 3 Tahun 2019.

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan bimbingan teknis mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara.

"Peraturan tersebut sangat kompleks dan rentan menimbulkan persoalan jika tidak dipahami dengan baik," katanya, Senin 18 Februari 2019.

Ia mendorong KPU membentuk buku panduan yang dapat digunakan sebagai rujukan praktis bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dengan demikian, pada saat pelaksanaan pemilu, KPPS tidak mengalami banyak kesulitan.

"KPU dan KPUD juga seharusnya sudah melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019, dimulai dari surat suara Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," ujarnya.

Ia juga mengimbau KPU bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo) untuk menyampaikan penjelasan tentang materi PKPU Nomor 3 tahun 2019 secara terbuka dan transparan melalui media visual (TV), media siar (radio), media cetak, maupun media sosial, kepada masyarakat agar masyarakat juga memahami bagaimana cara memberikan suara melalui Tempat Pemilihan Suara (TPS) di lokasinya.***

Bagikan: