Pikiran Rakyat
USD Jual 14.223,00 Beli 13.923,00 | Sebagian berawan, 20.4 ° C

PKS Kampanye SIM Seumur Hidup dan Hapus Pajak Sepeda Motor, Apa Maksudnya?

Dewiyatini
KAMPANYE Partai Keadilan Sejahtera yang berjanji memperjuangkan SIM seumur hidup dan gratis pajak kendaraan. * PKS.ID
KAMPANYE Partai Keadilan Sejahtera yang berjanji memperjuangkan SIM seumur hidup dan gratis pajak kendaraan. * PKS.ID

BANDUNG,(PR).- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menawarkan akan memperjuangkan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup dan penghapusan pajak sepeda motor dalam kampanyenya. Tawaran itu tampak dalam banyak alat peraga kampanye yang dipasang, baik oleh partai politik maupun calon anggota legislatif PKS.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Pemilu Wilayah (TPPW) PKS Jawa Barat, Haru Suandharu, substansi kampanye yang berkaitan dengan SIM dan pajak sepeda motor itu merupakan hasil dari survei. Haru mengatakan survei itu dilakukan PKS di setiap kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Survei itu menunjukkan masalah pertama berkaitan dengan lapangan kerja. Sedangkan, masalah kedua adalah persoalan kebutuhan bahan pokok,” kata Haru, Selasa 12 Februari 2019.

Melihat dua masalah itu, kata Haru, pihaknya ingin mengurangi beban masyarakat dengan memperjuangkan pemberlakuan SIM seumur hidup. “Masyarakat yang sudah berat dengan banyak masalah tidak perlu dirumitkan dengan prosedur memperpanjang SIM. Lewat sehari, harus buat baru. Semakin rumit karena ada prosedur panjang. Belum lagi saat membayar pajak, ada prosedur yang panjang juga,” kata Haru.

Terkait pajak sepeda motor, Haru juga memahami bahwa pajak dari kendaraan merupakan sumber pendapatan negara. Akan tetapi, diakui Haru, pihaknya telah meminta DRPD Provinsi untuk membuat simulasi.

“Kita pakai (simulasi) yang 12 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sumber lain bisa dicari. Misalnya dari aset, dari sistem pajak online, kemudian dari pajak hasil bumi dan lain sebagainya,” ujar Haru.

Berdasarkan simulasi yang akan dicoba, dapat dilihat apa yang bisa dilakukan untuk mengganti PAD dari pajak kendaraan. “Jadi kita cari hasil kompensasi untuk mengganti 12 persen yang hilang itu,” kayanya.

Haru mengatakan dengan tawaran PKS tersebut, dampaknya akan langsung dirasakan oleh rakyat. Rakyat akan mendapatkan manfaat langsung dari program SIM gratis tersebut.

“Jadi pajak yang dikurangi ini pajak rakyat kecil, bukan pajak orang kaya. Selama ini kebijakan itu lebih banyak berpihak kepada orang yang lebih kaya. Tax amnesty misalnya, itu buat orang kaya. Pajak kapal pesiar, penghilangan pajak untuk kapal pesiar itu untuk orang kaya. Nah kami ingin ini untuk rakyat kecil kebijakannya,” kata Haru. ***

Bagikan: