Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

KPK Buka Peluang PNS Jadi Penyuluh Antikorupsi

Eviyanti
LOGO KPK.*/DOK. PR
LOGO KPK.*/DOK. PR

PURBALINGGA, (PR).- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia membuka peluang Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi penyuluh anti korupsi. Hal tersebut mengacu surat pada surat Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah yang mengatur soal sertifikasi penyuluh anti korupsi.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Purbalingga, Heriyanto menyatakan, peluang ASN di Purbalingga untuk menjadi penyuluh 
anti korupsi cukup besar. "ASN di Purbalingga bisa menjadi penyuluh anti korupsi melalui jalur Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL)," kata Hariyanto.

 RPL adalah proses pembelajaran seseorang dan pengalaman hidupnya dari Pendidikan formal maupun non formal, yang nantinya setelah dinyatakan kompeten akan menjadi penyuluh anti korupsi KPK RI (PAK KPK RI).

Heri mengajak kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk berperan aktif dalam pemberantasan korupsi salah satunya dengan mengikuti hal tersebut.

“Ini penting untuk kultur pemberantasan korupsi yang berasal dari ASN. ASN bisa menjadi penyuluh anti korupsi sesuai dengan surat dari BPSDMS jateng itu,” kata Heri.

Heri menambahkan, ASN di Purbalingga bisa menjadi penyuluh anti korupsi melalui jalur Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL). RPL adalah proses pembelajaran seseorang dan pengalaman hidupnya dari Pendidikan formal maupun non formal, yang nantinya setelah dinyatakan kompeten akan menjadi penyuluh anti korupsi KPK RI (PAK KPK RI).," jelasnya.

“Jalurnya RPL. Mudah-mudahan aka nada atau banyak yang berminat menjadi penyuluh anti korupsi itu,” ucap dia.***

Bagikan: