Pikiran Rakyat
USD Jual 14.285,00 Beli 13.985,00 | Sedikit awan, 21.1 ° C

Koalisi Indonesia Kerja Bertekad Jadikan Jawa Barat Lumbung Suara Jokowi-Ma'ruf Amin

Yusuf Wijanarko
Petugas melakukan pengecekan kualitas surat suara Pilpres 2019 saat pencetakan surat suara di Jakarta, Minggu 20 Januari 2019./ANTARA FOTO
Petugas melakukan pengecekan kualitas surat suara Pilpres 2019 saat pencetakan surat suara di Jakarta, Minggu 20 Januari 2019./ANTARA FOTO

JAKARTA, (PR).- Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, PDIP bersama Koalisi Indonesia Kerja bertekad menjadikan Jawa Barat sebagai "kandang" baru bagi Jokowi-Ma'ruf Amin.

Saat konferensi pers di kantor DPP PDP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Kamis 7 Februari 2019, Hasto Kristiyanto mengakui bahwa pada Pilpres 2014, Jawa Barat merupakan penyumbang suara bagi Prabowo.

Untuk itu, kata Hasto Kristiyanto yang juga Sekretaris TKN mngatakan, Safari Kebangsaan di Jawa Barat adalah upaya memenangkan Jokowi-Maruf Amin.

Pilpres 2019.*/DOK. PR

Dia memperkirakan, bergabungnya Partai Golkar dan PPP ke kubu Jokowi bisa membalikkan keadaan sehingga kemenangan bagi Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Barat bisa tercapai. Sosok Ma'ruf Amin juga dianggap mampu meningkatkan perolehan suara Jokowi.

“Dengan demikian, kandang Pak Prabowo di Jawa Barat bergeser menjadi kandang Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Itu yang kami pastikan," kata Hasto Kristiyanto seperti diberitakan Antara.

Soal target suara, ia mengatakan, nantinya setiap pengurus partai maupun tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin yang ditemui akan memberi laporan soal target sekaligus melaporkan kondisi terkini di wilayahnya. Dari situ, TKN akan menyampaikan secara terbuka laporan tersebut kepada publik.

Membawa misi kemanusiaan

Selain misi politik pemenangan Pilpres 2019, Safari Kebangsaan di Jawa Barat sekaligus membawa misi kemanusiaan. Sebab, wilayah Jawa Barat selatan yang akan dikunjungi memang rentan bencana alam.

"Kami juga akan memberikan berbagai hal terkait dengan awas bencana mengingat banyak potensi bencana tanah longsor di Jawa Barat, juga penyakit demam berdarah. Itu juga akan kami perhatikan," kata Hasto Kristiyanto.

Dalam Safari Kebangsaan di Jawa Barat, Hasto Kristiyanto didampingi juru bicara TKN yang juga Wasekjen PDIP, Ahmad Basarah. Hadir juga Tim Ma'ruf Amin, Habib Sholeh Al-Muhdar.

Fokus wilayah Jabar selatan

Hasto Kristiyanto yang memimpin Safari Kebangsaan di Jawa Barat menyusuri wilayah selatan untuk mengonsolidasikan kekuatan pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Hasto Kristiyanto bersama Ahmad Basarah, dan Habib Sholeh Almuhdar akan melakukan konsolidasi ke Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Sukabumi, serta Kabupaten dan Kota Bogor.

Pilpres 2019/DOK. PR

Hasto Kristiyanto menjelaskan, di Cianjur akan digelar konsolidasi dengan jajaran dan struktural PDIP, termasuk konsolidasi dengan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja, parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Bertemu dengan partai Koalisi Indonesia Kerja untuk bersama-sama bergotong-royong memenangkan (suara) di Jawa Barat," kata Hasto Kristiyanto.

Di Kabupaten dan Kota Bogor, TKN akan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, khususnya tokoh pencak silat di Jawa Barat.

"Pencak silat menjadi hal khusus mengingat Proklamator RI Soekarno, pada 1957 mengadakan diplomasi kebudayaan dengan membawa pencak silat dan ditampilkan di dunia," kata Hasto Kristiyanto.

Selain itu, Safari Kebangsaan di Jawa Barat lantas akan bersilaturahmi dengan sejumlah padepokan seni, kelompok petani, butuh, dan kaum milenial.

"Ini seluruh segmen yang kami garap di Jawa Barat, yang betul-betul menunjukkan jati diri PDIP sebagai kekuatan persatuan nasional, juga jati diri PDIP sebagai rumah kebangsaan Indonesia Raya," kata dia.

Safari Kebangsaan sebelumnya dilakukan dengan mengelilingi sejumlah wilayah di Indonesia, dimulai dari Safari wilayah Pantura Jawa, wilayah Pantai Selatan Pulau Jawa, lalu  wilayah Banten, wilayah Sumatera Utara, wilayah selatan dan timur Jakarta, dan wilayah tapal kuda Jawa Timur.***

Bagikan: