Pikiran Rakyat
USD Jual 14.331,00 Beli 14.031,00 | Umumnya berawan, 23 ° C

Jokowi-Ma'ruf Amin Kuasai Jawa Barat di Media Sosial

Muhammad Ashari
KAMPANYE di media sosial.*/DOK. PR
KAMPANYE di media sosial.*/DOK. PR

JAKARTA, (PR).-Lembaga survei Politicawave memantau percakapan di media sosial terkait pasangan calon yang bersaing dalam Pilpres 2019.

Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendominasi percakapan di media sosial dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dominasi percakapan media sosial Jokowi-Ma’ruf Amin juga terjadi di Jawa Barat.

Founder Politicawave Yose Rizal menyebutkan, pantauan percakapan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dilakukan dalam periode 28 Januari 2019 sampai 4 Februari 2019.

Dalam periode itu, diperoleh 1.899.881 total percakapan terkait kedua kandidat yang dilakukan 267.059 akun. Pemantauan terhadap akun itu juga terlebih dahulu menyaring buzzer yang ada di media sosial.

Ilustrasi.*/CANVA

Menurut dia, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memiliki jumlah percakapan sebesar 57,25%. Sementara Prabowo-Sandiaga Uno meraih 42.75% percakapan.

Percakapan terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dilakukan oleh 61.25% akun sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno diperbincangkan oleh 38.75% akun.

Ia mengatakan, percakapan media sosial di Jawa Barat juga lebih banyak didominasi Jokowi-Ma’ruf Amin. Jumlah percakapan terkait Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 59% sedangkan jumlah percakapan terkait Prabowo-Sandiaga Uno sebesar 41%.

“Sudah terjadi pergeseran di Jawa Barat. Pasangan Jokowi sudah memimpin di media sosial,” katanya, Kamis 7 Februari 2019.

Pengelompokkan akun

Yose Rizal mengatakan, Politicawave juga memantau kelompok akun yang memperbincangkan topik Jokowi-Ma’ruf Amin . Diperoleh data bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin diperbincangkan oleh akun-akun politik sebanyak 92%.

Dari kelompok itu , 60% akun merupakan akun-akun pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin yang giat menaikkan tagar dukungan. Sementara 40% akun dari kelompok itu merupakan akun-akun pendukung Prabowo-Sandiaga Uno.

Sementara kelompok akun-akun nonpolitik mendapat porsi 8% dengan bobot percakapan positif sebesar 87% dan negatif sebesar 13%.

“Isu positif yang menjadi sorotan dari kelompok ini yaitu isu kebersamaan Jokowi bersama keluarga, khususnya dengan Jan Ethes. Sementara 13% percakapan negatif salah satunya menyangkut isu RUU Permusikan,” ujarnya.

CONTOH surat suara Pilpres 2019.*/ANTARA

Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno dipercakapkan oleh kelompok akun yang didominasi akun politik sebanyak 89%.

Dari kelompok itu , 65% akun merupakan akun-akun pendukung Prabowo-Sandiaga Uno yang giat menaikkan tagar dukungan. Sementara 35% akun dari kelompok itu merupakan akun-akun pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sementara kelompok akun-akun nonpolitik mendapat porsi 11% dengan bobot percakapan positif 6% dan negatif 94%.

Isu positif yang menjadi sorotan dari kelompok ini yaitu isu prestasi anak kandung Prabowo yang patut diapresiasi.

Adapun 94% percakapan negatif di antaranya dipicu tudingan sandiwara Sandiaga Uno terkait korban lumpur dan cibiran terhadap para pendukung Prabowo yang memprotes Jokowi soal kondisi Mindanao.***

Bagikan: