Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 29.1 ° C

Dua Kapal Pecah Dihantam Ombak, Dua Nelayan Dilaporkan Hilang

Eviyanti
DOK PR
DOK PR

CILACAP, (PR).- Dua kapal nelayan pecah dihantam gelombang di perairan selatan Cilacap dan Kebumen, Jawa Tengah. Enam anak buah kapal (ABK) dilaporkan selamat, sedangkan dua nelayan lainnya hilang terbawa gelombang.

Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian. Hingga Selasa 5 Februari 2019 petang, upaya pencarian masih belum membuahkan hasil. 

Peristiwa kecalakan laut yang menimpa nelayan itu terjadi di dua lokasi, yakni di Pantai Selok Piring sebelah selatan Pulau Nusakambangan Cilacap, serta di sebelah timur Pantai Petanahan, Kebumen.

"Kami menerima dua kecalakaan yang menimpa perahu nelayan di Kabumen dan Cilacap. Kami sudah turunkan dua tim masing-masing tujuh orang personil untuk melakukan pencarian terhadap dua nelayan yang hilang," kata Koordinator Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Cilacap Moelwahyono.

Dua nelayan korban keganasan laut selatan yang masih hilang itu masing-masing Girwo (35), warga Desa Ujunggagak, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, dan Sardi (46), asal Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kebumen. 

Berdasarkan laporan dari Kecamatan Kampung Laut, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Perahu yang ditumpangi tiga orang nelayan, korban dan dua orang rekannya, Hadi dan Marsito semua warga Ujunggagak berangkat mencari udang di selatan Nusakambangan.

Ketika perahu memasuki wilayah Plawangan sekitar 10 kilometer arah Pantai Ciriang ke arah timur, kapal tiba-tiba di hantam ombak. Kapal pun pecah seketika dan tiga ABK-nya terpental ke laut. 

Sejumlah nelayan dan  pemancing yang melihat kejadian tersebut segera memberikan pertolongan. Dua orang berhasil diselamatkan, sementara korban Girwo menghilang dibawa ombak ke tengah laut.

"Kemungkinan perahu korban terhempas ombak besar sehingga membentur batu karang yang mengakibatkan perahu pecah,"  ujar Moelwahyono. 

Pihaknya segera memberangkatkan satu tim dengan tujuh orang personil, setelah mendapat laporan resmi dari pihak Kecamatan Kampung Laut. Pencarian juga melibatkan unsur yang lain seperti SAR Cilacap, TNI AL, Polair Cilacap dan nelayan.

Penyisiran dilakukan  sekitar titik  Pantai Selok Piring. Pada hari yang sama sekitar pukul 11.00 WIB, Basarnas Pos Cilacap juga menerima laporan kasus serupa dari anggota  SAR Tunas Kelapa, Syarif, yang menimpa perahu nelayan di TPI Tegal Retno, sebelah timur Pantai Petanahan, Kebumen. 

Perahu yang ditumpangi  tiga orang nelayan yakni Sardi (46) warga Desa Tegalretno dan dua orang rekannya. Ketika itu perahu yang mereka tumpangi keluar dari TPI langsung dihantam gelombang pasang.

Kejadian tersebut menyebabkan perahu terbalik dan pecah. Dua korban berhasil diselamatkan oleh nelayan dan warga sekitar, sedangkan Sardi dilaporkan hilang dan masih dalam pencarian.***

Bagikan: