Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 20.6 ° C

Truk Bermuatan di Atas 8 Ton Dialihkan ke Jalur Yogyakarta-Bandung

Eviyanti
Petugas kepolisian memasang gambar sinterklas di depan Pos Pengamanan Polres Tegal di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Kabupaten Tegal.*/ANTARA FOTO
Petugas kepolisian memasang gambar sinterklas di depan Pos Pengamanan Polres Tegal di jalur tengah Tegal-Purwokerto, Kabupaten Tegal.*/ANTARA FOTO

PURWOKERTO, (PR).- Kendaraan berat, truk bermuatan diatas 8 ton, dilarang melintasi Ajibarang-Brebes. Kendaran pengangkut material dari Jawa Timur-Yogyakarta  diarahkan melalui jalur selatan Yogyakarta-Bandung.

Larangan tersebut terkait dengan kecelakaan maut di flayover Kretek Bumiayu, Brebes. 

"Larangan yang sudah berjalan selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 hari tersebut tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan untuk seterusnya," kata Kapolres  Banyumas, AKBP  Bambang Yudhantara Salamun usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2018 di Alun-Alun Purwokerto, Jumat 21 Desember 2018.

Keputusan yang melarang kendaraan melebihi tonase 8 ton atau kendaaraan bersumbu tiga melintasi flayover Kretek merupakan kesepakatan antara Polri dan Kementrian Perhubungan. 

"Ini terkait dengan pertimbangan kejadian kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan berat di flavover Kretek," ujar Kapolres.

Semua truk dari arah Ajibarang akan dialihkan ke jalur selatan Yogyakarta-Wangon-Bandung.  

Sejak pelarangan semua  kendaraan berat yang akan melintasi flayover harus melalui jembatan timbang. Jika ada pelanggaran tonase, maka truk harus mengambil rute lain. 

Pelanggaran tonase kata Kapolres belum akan dilakukan tindakan, karena baru  tahap sosialisasi. 

"Jika ada melanggar ketentuan ada truk bersumbu tiga atau muatannya lebih dari 8 ton,  kami minta mengambil rute lain, yakni jalur selatan," katanya.

Dinas Perhubungan sendiri sudah memasang memasang rambu-rambu supaya kendataan berat jenis truk tidak melintas melalui flyover Kretek di Bumiayu, Brebes.

Rambu-rambu larangan melintas sudah dipasang  di 10 titik. Di antaranya Rawalo, Patikraja, Tanjung, Sokaraja dan Wangon.***

Bagikan: